Tidak hanya dapat mengenyangkan perut, makan juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi anak dan juga orang dewasa. Bahkan, makan memiliki peran dalam menunjang aktivitas sehari- hari dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Hal ini tentu saja dapat diperoleh jika mengonsumsi makanan sehat, bergizi dan bernutrisi tinggi. Oleh karena itu, penting untuk mengajarkan anak mengenai kebiasaan makan sehat sejak ia usia dini.

Untuk mengajarkan kebiasaan makan sehat pada anak, berikut ini 7 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Jadikan Sebagai Rutinitas

Credit: food.detik.com

Pastikan kamu menu sehari- sehari keluargamu adalah makanan sehat, dan usahakan agar setiap anggota keluarga terlibat dalam memilih menu makanan yang tidak hanya bergizi, tapi juga lezat.

Kamu bisa membawa anak pergi ke supermarket atau pasar, agar ia bisa memilih buah dan sayuran sesuai seleranya. Dan tanyakan juga pada anak menu masakan apa yang sedang ia inginkan.

2. Tunjukkan Cara Makan yang Benar

Credit: parentingclub.co.id

Jelaskan pada si kecil agar ia mengisi setengah piring makannya dengan buah- buahan atau sayuran yang memiliki nutrisi untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Kemudian, beri tahu ia untuk mengisi setengah bagian lainnya dengan karbohidrat atau protein tanpa lemak yang dapat memberi energi.

Saat masak atau berbelanja, usahakan untuk menunjukkan pada anak contoh makanan yang termasuk ke dalam makanan utama tersebut. Misal, infokan pada anak bahwa ia bisa mendapat sumber karbohidrat dari nasi, roti, maupun kentang.

3. Hilangkan Anggapan Baik atau Buruk pada Makanan

Credit: kidspot.com.au

Cara mengajarkan kebiasaan makan sehat pada anak yang paling penting yaitu hindari menyebut suatu makanan ‘baik’ atau ‘buruk’. Lebih baik berikan anak penjelasan mengenai manfaat dan bahaya yang ditimbulkan jika mengonsumsi suatu makanan tertentu. Melalui penjelasan, si kecil akan mengerti dan mereka dapat mengukur sendiri mana makanan yang baik dan tidak untuk dikonsumsi.

4. Bicarakan Porsi Makan Pada Anak

Credit: food.detik.com

Tunjukkan pada anak seberapa banyak porsi yang seharusnya ia makan. Anak dapat belajar bahwa jumlah nasi atau pasta yang mereka makan harus sesuai dengan ukuran kepalan tangan mereka. Kemudian, protein sebesar telapak tangan, lemak seperti mentega hanya sebatas ujung ibu jari mereka.

Ketika membeli makanan kemasan, minta anak untuk menemukan ukuran yang tepat. Kemudian, ajarkan dan buat mereka mengerti mengapa makan sesuai porsi adalah hal yang baik.

5. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Credit: foodnavigator.com

Meskipun permen dan kue rasanya enak, tapi kamu perlu jelaskan pada anak bahwa mengonsumsi gula berlebih dapat mengganggu kesehatan mereka. kemudian, kamu bisa berikan buah segar sebagai pencuci mulut pengganti makanan manis tersebut.

Dan jangan lupa untuk membatasi camilan hingga dua atau tiga kali seminggu.

6. Tunjukkan Contoh yang Baik

Credit: michaelmoodyfitness.com

Memberikan contoh baik merupakan salah satu terbaik agar si kecil mau ikut mengonsumsi makanan sehat. Jika kamu melarang si kecil untuk mengonsumsi makanan manis, maka hindari mengonsumsi makanan tersebut didepannya.

Dan jika kamu menginginkan si kecil sering mengonsumsi buah- buahan, maka tunjukkan pada mereka ketika kamu sedang mengonsumsi buah- buahan dan jelaskan pada mereka bahwa buah itu enak dan memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.

7. Jadikan Makan Bersama Sebagai Rutinitas

Credit: parents.com

Anak- anak yang sering makan bersama keluarga cenderung lebih mudah untuk mengonsumsi makanan sehat, termasuk sayur maupun buah- buahan. Bahkan mereka cenderung jarang membeli junk food.

Kamu hanya perlu membuat momen makan bersama si kecil yang menyenangkan. Misalnya, makan sembari menyalakan musik, bercerita bersama, atau mengundang teman- teman si kecil untuk makan bersama.

 

Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat memang penting dilakukan sejak usia dini. Dengan begitu, daya tahan tubuh serta metabolisme tubuh si kecil dapat lebih terjaga. Selain itu, dengan rutin mengonsumsi makanan sehat, maka kebutuhan nutrisinya pun dapat terpenuhi.

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, penuhi kebutuhan nutrisi anak dengan memberikannya Enervon-C Plus Syrup yang mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin D yang juga dapat menjaga daya tahan tubuh si kecil.

 

Featured Image - earth.com