Belum lama ini kita sudah memperingati Hari Kesehatan Sedunia. Di tengah pandemi virus corona ini, mari beri apresiasi setinggi-tingginya untuk mereka yang menjadi tenaga medis serta garda terdepan dalam upaya penyelesaian pandemi ini.

World Health Day sebenarnya jatuh pada hari Selasa kemarin, tepatnya pada tanggal 7 Bulan April 2020. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia, merayakan hari kesehatan sedunia ini dengan mengusung tagline dukung perawat dan bidan.

 

 

Tagline ini dimaksudkan untuk menghargai perjuangan jajaran tenaga medis yang sudah menempatkan dirinya dalam resiko besar untuk ikut andil dalam penanganan pandemi Covid-19. Terlepas dari hal itu, dalam momen yang sama WHO juga menyoroti kondisi keperawatan di dunia saat ini.

WHO dan mitra berencana untuk membuat serangkaian rekomendasi untuk memperkuat tenaga keperawatan serta kebidanan. WHO juga menyatakan bahwa hal ini adalah salah satu hal yang penting untuk mencapai target kesehatan nasional dan global.

 

Memastikan Keamanan Tenaga Medis

credit: harianhaluan.com

WHO dalam catatannya menyatakan kalau negara perlu berbuat lebih banyak untuk memastikan agar perawat tidak ubahnya tenaga professional lainnya. Oleh karena itu, negara harus memastikan keamanan perawat dan tenaga medis lainnya saat bekerja.

Hal ini sepertinya juga mengacu kepada pandemi Covid-19 yang melanda dunia, sejumlah perawat di berbagai negara termasuk di Indonesia mengalami kekurangan APD. Alat Pelindung Diri adalah salah satu hal penting dalam mencegah tertularnya tenaga medis dari virus corona.

Karena kekurangan APD – ini membuka resiko yang cukup besar untuk para tenaga medis tertular virus corona dari pasien yang ada. Oleh karena itu, pemerintah serta pihak terkait lainnya mesti memerhatikan keamanan dari tenaga medisnya.

 

Tujuan Dari Peringatan Ini

Peringatan Hari Kesehatan Sedunia ini sudah dimulai dari tahun 1950 silam. Tujuan dari peringatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah menciptakan kesadaran masyarakat dunia akan kesehatan. Tentu, kesadaran yang dimaksud terdapat di beberapa sektor.

Seperti selama 50 tahun terakhir ini – Hari Kesehatan Sedunia sudah mengangkat banyak masalah serta isu kesehatan seperti kesehatan mental, kesehatan ibu dan anak serta dampak perubahan iklim terhadap kesehatan.

 

 

Nah terkait dari hal-hal yang sudah dijelaskan di atas – kamu juga mesti jaga kesehatan, kebersihan dan hal-hal terkaitnya ya. Hal ini tentu akan berdampak baik buat kamu dan sekitar!

 

Feature Image – CNN Indonesia