Jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat membuat kita sebaiknya bekerja, belajar, hingga beribadah dari rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Meskipun begitu, ada saatnya kamu harus berpergian ke luar rumah untuk alasan tertentu, atau harus pergi membeli bahan makanan maupun obat- obatan. Begitu juga bagi pekerja yang memang tidak bisa melakukan pekerjaan dari rumah.

Ketika kamu harus pergi ke luar rumah, lakukan beberapa hal berikut ini setelah sampai di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Simak ulasannya ya!

1. Melepaskan Sepatu Sebelum Masuk ke Rumah

Credit: merdeka.com

Melepaskan sepatu sebelum masuk ke dalam rumah adalah hal pertama yang harus kamu lakukan setelah berpergian. Hindari membawa atau menggunakan sepatu sampai ke dalam rumah, terutama ke dalam kamar tidur. Karena, hal ini bisa saja membawa berbagai macam virus, bakteri, atau kuman ke dalam rumahmu.

Jadi, saat pandemi COVID-19 ini, ada baiknya kamu selalu melepas sepatu terlebih dahulu sebelum masuk ke rumah.

2. Menyemprotkan Disinfektan Pada Barang Bawaan

Credit: lifestyle.kompas.com

Semprotkan cairan disinfektan pada barang bawaanmu pada saat pergi. Seperti sepatu, handphone, pakaian (terutama lapisan paling luar seperti jaket), tas, laptop, dan barang- barang bawaan lainnya.

Menyemprotkan disinfektan dapat membunuh bakteri, virus, atau kuman yang menempel pada permukaan benda yang kamu bawa saat berpergian. Jika tidak dibersihkan, barang- barang tersebut dapat menjadi perantara virus berbahaya, terutama jika disentuh atau dihirup oleh manusia.

3. Hindari Menyentuh Benda Apapun

Credit: merdeka.com

Setelah melepas sepatu dan membersihkan barang bawaan dengan disinfektan, kamu bisa masuk ke dalam rumah. Tapi, ingat, hindari menyentuh barang apapun yang ada di dalam rumah sebelum kamu mencuci tangan atau membersihkan diri. Hindari duduk di sofa atau tempat tidur dalam kondisi masih menggunakan pakaian yang digunakan saat berpergian.

Dan bagi orangtua, hindari menggendong anak jika tubuh belum dalam kondisi bersih, ya.

4. Buka Pakaian

Credit: suara.com

Segera buka pakaian dan taruh ke dalam keranjang baju kotor. Hindari menggantungnya di kamar, apalagi kembali digunakan keesokan hari. Karena, pakaian yang kamu kenakan bisa saja ada virus yang menempel dari luar selama kamu berpergian.

Setelah memegang pakaian tersebut, segera cuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik.

5. Mandi Hingga Bersih

Credit: sehatq.com

Selanjutnya, bersihkan tubuhmu dari ujung kepala hingga kaki. Dianjurkan untuk membersihkan bagian tubuh atas terlebih dahulu, kemudian bagian bawah tubuh. Ini akan membuat sabun membersihkan area tubuh secara merata. Pastikan kamu membersihkan area lipatan tubuh, termasuk sela- sela jarimu.

Dan, jika kamu ingin keramas, lakukan hal ini pertama kali sebelum membersihkan bagian tubuh lainnya.

Saat pandemic COVID-19 ini sebaiknya kamu tetap berada di dalam rumah, dan hindari berpergian jika tidak ada urusan yang mendesak. Jika kamu terpaksa pergi, selalu terapkan physical distancing atau jaga jarak antar individu.

Dan yang paling penting agar terhindar dari COVID-19 adalah jaga daya tahan tubuhmu, dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga secara rutin, tidur selama 7-8 jam semalam, cukupi kebutuhan cairan tubuh, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - housebeautiful.com