Dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona, musik ternyata memiliki peran penting. Di Indonesia, banyak video dengan musik mengenai cara mencuci tangan sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 atau video yang mengajak kita untuk tetap menjaga daya tahan tubuh.

Video- video tersebut tentu saja tidak lepas dari musik yang dapat menarik perhatian masyarakat, terutama dalam menambah informasi mengenai Covid-19, sehingga nantinya informasi tersebut dapat membantu penularan.

Cara Kerja Musik Dalam Penyampaian Informasi

Credit: inc.com

Musik merupakan mnemonic yang efektif untuk mengingat suatu informasi, terutama yang berhubungan dengan pola huruf, angka, atau asosiasi yang berhubungan. Dan karena adanya ritme dan melodi dalam musik juga dapat  memberikan struktur terhadap hal yang ingin diingat oleh manusia.

Video musik menyampaikan informasi dalam dalam dua bentuk, yaitu audio dan visual – yang akan diproses oleh banyak indera. Semakin banyak informasi yang masuk ke indera manusia, maka informasi tersebut akan lebih mudah diingat. Inilah yang membuat informasi tersebut  terus terngiang dan diingat oleh kita.

Seperti video musik mencuci tangan yang sudah banyak beredar, informasi mengenai mencuci tangan akan lebih mudah diingat dan dapat diaplikasikan sehingga membantu mengurangi penularan Covid-19.

Peran Musik Untuk Kesehatan

Credit: twofishstudios.com

Tidak hanya membantu penyampaian informasi pencegahan Covid-19 jadi lebih efektif, tapi musik juga dapat membangun kesehatan fisik bagi pendengarnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Mona Lisa Chanda dan Daniel J. Levitin, dua peneliti dalam bidang Neurosains, dari McGill Univerity, Kanada mengatakan bahwa penggunaan musik di kehidupan sehari- hari terbukti memberikan dampak positif pada kesehatan manusia.

Keduanya menemukan musik dapat meningkatkan hormon kebahagiaan dopamine dan oksitosin pada manusia, dan terbukti dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Seperti yang sudah diketahui bahwa kunci utama dalam mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menjaga sistem imun tubuh. Dalam kasus ini, musik dapat membantu meningkatkan sistem imun.

Kemudian, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Melissa K. Weinberg dan Dawn Joseph dari Deakin Universiy, Australia, menunjukkan bahwa orang yang lebih sering mendengarkan musik atau bahkan sering menghadiri konser musik memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi daripada yang tidak.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh University of Limerick, Irlandia menunjukkan bahwa bernyanyi, termasuk dalam kelompok, seperti paduan suara, juga dapat memberikan manfaat baik bagi fisik, emosional, sosial, dan spiritual.

Seperti yang sudah dilakukan oleh para warga negara Italia, mereka bernyanyi di balkon untuk saling memberi dukungan dan menghibur satu sama lain, ketika Italia sedang memberlakukan lockdown akibat dari meluasnya penyebaran Covid-19. Ini menunjukkan bahwa melakukan kegiatan bermusik bersama dapat menimbulkan perasaan positif pada banyak orang.

Musik tidak hanya memberikan rasa kesenangan tersendiri, tapi di tengah pandemic Covid-19 ini, musik dapat membantu menyelamatkan banyak jiwa.

Featured Image - inc.com

Source - theconversation.com