Sebenarnya untuk konsep bekerja dari rumah atau work from home ini sudah lumrah untuk sebagian orang. Sebut saja seperti para digital nomad yang bisa bekerja dari rumah atau dari coffee shop – bahkan dari pinggir pantai.

Namun untuk sekarang ini – banyak instansi atau kantor-kantor yang sudah menerapkan sistem work from home guna ikut andil untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19. Penyebaran virus Covid-19 ini memang tingkatnya sudah masuk ke sebuah pandemi.

Yang artinya banyak orang sudah mesti waspada terus terkait penyebaran virus yang satu ini. Terlepas dari hal tersebut – bagaimana kondisi kamu di rumah nih? Apakah WFH kamu berjalan lancar dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik?

 

 

Berdasarkan situs theconversation.com - kemajuan teknologi zaman sekarang yang sudah semakin maju ini, WFH bisa tetap terasa seperti bekerja di kantor lho. Bagaimana caranya? Untuk selengkapnya di bahasan kali ini ya!

 

Rapat Formal – Bisa Pakai Aplikasi Zoom

credit: wolipop.detik.com

WFH tentu akhirnya membatasi ruang gerak kamu yang mungkin seharusnya pada hari Senin pagi kamu mesti rapat dengan jajaran direksi atau klien. Tapi tenang, rapat formal seperti itu bisa tetap berjalan lancar dengan cara menggunakan aplikasi Zoom.

Aplikasi ini menawarkan cara yang berguna untuk kamu agar bisa tetap berkomunikasi dengan formal, bahkan untuk bentuk rapat sekalipun. Hal ini berkaitan dengan video online meeting yang diusung oleh Zoom terkait fitur utamanya.

Dengan menggunakan Zoom, kamu bisa tetap bertatap muka dengan klien atau direksi walau terpaut jarak. Kamu juga tetap bisa presentasi di sana karena di Zoom terdapat fitur share screen di mana itu memungkinkan kamu untuk menunjukan layar komputer bagi mereka yang menjadi partisipan rapat.

Biar semakin terasa seperti di kantor – jangan lupa buat selalu dress up! Hal ini secara tidak langsung akan membuat mood kamu lebih baik, lho. Terlebih semangat untuk menyelesaikan pekerjaan juga terbangun dengan rapih.

 

Diskusi Informal – Whatsapp Messenger, Facebook Messenger dan Lainnya

credit: bbc.com

Buat kamu yang tetap butuh percakapan bersifat informal seperti menyakan quotation sudah dibayar atau belum atau bagaimana progress pekerjaan teman – sepertinya kamu tidak perlu menggunakan Zoom.

Cukup menggunakan aplikasi mengobrol secara virtual seperti Whatsapp, Facebook Messenger, Slack dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, kamu bisa tetap selalu berkomunikasi dengan teman kantor, serta bisa memantau pekerjaan tetap selesai tepat waktu.

 

Lalu Bagaimana Untuk Kerja Tim?

credit: google.com

Pekerjaan di kantor tidak selalu bersifat individu – tentu akan ada pekerjaan yang mesti dikerjakan bersama atau dengan tim. Oleh karena itu, Google mempunyai fitur seperti Google Drive yang bisa diakses oleh banyak orang tergantung siapa saja yang diizinkan untuk mengakses dokumen terkait.

Di Google Drive sendiri, kamu bisa membuat Google Docs, Google Excel sampai Google Presentation yang dimana kamu bisa mengundang tim untuk ikut andil dalam pembuatan tugas atau pekerjaan tersebut.

Tentu fitur ini sangat bergantung sekali dengan internet. Oleh karena itu, pastikan internet kamu stabil dan memiliki kuota yang cukup selama kamu mesti bekerja dengan tim melalui fitur Google yang dimaksud di atas.

 

 

Nah bagaimana? Deretan aplikasi atau teknologi yang sudah dijelaskan di atas benar-benar membuat kamu terasa seperti di kantor juga kan? Walau terpaut dengan jarak, tapi kamu mesti terus berkomunikasi dengan tim untuk memastikan pekerjaan kamu selesai tepat waktu ya!

 

Feature Image – idcloudhost.com