Menerapkan physical distancing dan tetap di rumah saja selama masa pandemi Covid-19 merupakan pilihan yang tepat. Untuk urusan berbelanja kebutuhan pokok atau memesan makanan, tentu saja bisa dilakukan secara online menggunakan jasa order makanan.

Pilihan ini tentu dapat menghindari kita dari keramaian selama physical distancing. Namun, amankah memesan makanan selama pandemi Covid-19? Dan bagaimana caranya agar tetap aman pesan makanan?

Memesan Makanan Saat Wabah Covid-19, Apakah Aman?

Credit: speakfreewithjb.com

Wabah virus corona membuat kita semakin waspada akan berbagai hal, salah satunya terkait jasa antar makanan yang seringkali digunakan. Kabar baiknya, virus corona tidak menular melalui makanan. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), Ian Williams.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) juga menegaskan sampai saat ini tidak ada bukti bahwa makanan atau kemasannya dapat menyebarkan Covid-19. Sejauh ini, Covid-19 menular melalui air liur yang di keluarkan oleh orang yang terinfeksi melalui batuk atau bersin.

Meskipun tidak dapat menular melalui kemasaan makanan pesan antar, tapi kamu harus tetap memperhatikan kebersihan. Terutama, untuk semua orang yang mengolah hingga melakukan pengantaran makanan.

Selalu bersihkan permukaan benda- benda dan rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Kedua hal ini dilakukan untuk menurunkan potensi tertular Covid-19.

Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 Saat Memesan Makanan

Credit: foxnews.com

Di tengah wabah virus corona, ada baiknya kita selalu melakukan tindakan pencegahan, termasuk ketika menggunakan jasa pesan antar makanan. Saat mengambil pesanan, minta pengantar untuk menaruh paket makanannya di teras rumah atau di gantungkan pada pagar. Dan siapkan uang pas, atau sebaiknya gunakan pembayaran nontunai. Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya kontak langsung.

Menghindari kontak langsung tidak hanya melindungi pemesan saja, tapi juga melindungi pengirim jasa pesan antar makanan tersebut.

Setelah itu, keluarkan makanan dari kemasannya dan buang kemasan dengan benar. Kemudian, sebaiknya gunakan alat makan sendiri yang sudah lebih pasti kebersihannya.

Setelah buang kemasan, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer. Dengan begitu, kamu dapat mencegah penularan virus corona saat memesan makanan.

Ada berbagai macam cara pencegahan penularan  Covid-19 yang bisa kamu lakukan, yang paling penting adalah menjaga daya tahan tubuh. Terapkan gaya hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidur yang cukup, minum air mineral 8 gelas setiap hari, rutin berolahraga, dan konsumsi multivitamin lengkap seperti Enervon-C dua kali sehari.

Multivitamin Enervon-C mengandung vitamin C dan B Kompleks yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal, agar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - health.com