Tidak menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut, merupakan salah satu cara untuk menghindari tertular virus corona. Bagi sebagian orang, tidak menyentuh wajah sulit sekali untuk dilakukan.

Ada berbagai alasan yang membuat orang sering menyentuh wajah. Seperti untuk mencukur, gerakan untuk mengungkapkan ekspresi, terbiasa menggaruk, atau untuk menenangkan diri. Sebuah studi menyatakan bahwa rata- rata orang menyentuh wajahnya sebanyak 23 kali dalam satu jam.

Menyentuh wajah dapat meningkatkan risiko tertular Covid-19. Karena, tangan merupakan tempat berkumpulnya virus. Sedangkan, mata, hidung, dan mulut merupakan tempat masuknya Covid-19 ke dalam tubuh.

Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan menyentuh wajah, berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan:

1. Menyibukkan Tangan

Credit: hipwee.com

Buat tanganmu jadi lebih sibuk. Misalnya, saat kamu sedang menonton televisi, hindari tanganmu menganggur saja. Di saat matamu terfokus pada televisi, maka usahakan untuk menyibukkan tangan dengan aktivitas lain seperti melipat baju, atau sekedar memegang suatu benda dengan tanganmu. Dengan begitu, pikiranmu jadi lebih teralihkan dan tidak “iseng” untuk menyentuh wajah.

2. Lakukan Counter-Habit atau Melawan

Credit: gitacinta.com

Profesor Kesehatan Psikologi, Robert West, merekomendasikan strategi yaitu counter-habit atau melakukan perlawanan terhadap keinginan. Hal ini dilakukan ketika kamu menyadari bahwa tangan sudah mulai bergerak dan menuju area wajah.

Selalu perhatikan ketika tanganmu suah mulai bergerak ke arah wajah. Kemudian, coba alihkan tangan untuk menyentuh atau menggaruk bagian tubuh lain, misalnya kepala atau bagian belakang kepala.

3. Gunakan Pewangi Di Tangan

Credit: fragrancex.com

Robert West juga menyarankan untuk menggunakan pewangi pada tangan. Strategi ini akan membuat orang mudah menyadari bahwa tangan mereka sudah mulai mendekati area wajah, terutama hidung karena tercium aroma pewangi tersebut.

Dan ketika kamu tersadar saat tangan mulai mengarah ke wajah, segera alihkan tangan ke bagian tubuh lainnya.

4. Tanamkan Pola Pikir

Credit: inc.com

Tanamkan di pikiranmu bahwa menyentuh wajah dapat berbahaya dan menyebabkan infeksi virus atau menimbulkan penyakit lainnya. Tidak hanya itu, ingat dampak yang akan ditimbulkan ketika terlalu sering menyentuh wajah, seperti wajah jadi mudah kotor atau bahkan menimbulkan jerawa.

Dengan begitu, kamu dapat lebih sadar dan menahan diri untuk tidak menyentuh wajahmu.

5. Jika Benar- Benar Ingin Menyentuh Wajah, Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Credit: allure.com

Jika gatal pada wajah, seperti di hidung tidak dapat dihindarkan, kamu bisa mencuci tangan terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun untuk membunuh kuman dan bakteri, sebelum menyentuh wajah.

Atau kamu dapat menggunakan alat lain seperti penggaruk untuk menyentuh wajah ketika terasa gatal. Namun, tetap pastikan bahwa alat yang kamu gunakan tersebut sudah bersih, ya.

Nah, untuk kamu yang masih sering menyentuh wajah, coba terapkan kelima tips di atas ya! Dan selain tidak menyentuh wajah, penting untuk tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19.

Terapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, cukupi kebutuhan cairan tubuh, tidur selama 7-8 jam setiap hari, olahraga rutin, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dua kali sehari.

Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B Kompleks yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu tetap optimal, agar tidak mudah sakit.

 

Featured Image - today.com

Source - cnnindonesia.com