Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, para petugas medis yang menjadi garda terdepan untuk penanganannya mesti mendapat apresiasi setinggi-tingginya. Seperti maskapai asal Indonesia, Garuda Indonesia memberikan berbagai fasilitas untuk tenaga medis yang tangani corona.

 

 

Beberapa fasilitas tersebut termasuk ke dalam layanan prioritas. Setidaknya para tenaga medis bisa mendapatkan keleluasaan untuk melakukan proses check in di premium counter, serta mendapatkan fasilitas lainnya seperti priority baggage tag dan priority boarding.

Garuda Indonesia Berikan Fasilitas Khusus

credit: airmagz.com

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Saputra yang dilansir dari Kumparan – menyatakan bahwa bertepatan dengan peringatan World Health Day – mereka menghadirkan apresiasi khusus bagi para tenaga medis Indonesia yang saat ini sedang berjuang untuk penangan pandemi Covid-19.

Masih dari situs yang sama, layanan dan penambahan berbagai fasilitas ini akan berlaku mulai dari 7 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020 untuk seluruh penerbangan domestik dengan layanan prioritas tambahan.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Fasilitas Ini?

Untuk memperoleh fasilitas ini, para tenaga medis seperti dokter, perawat dan apoter – hanya perlu menunjukan kartu identitas profesi yang valid dan asli serta KTP kepada para petugas maskapai yang ada di sana.

Atau setidaknya – para tenaga medis tersebut bisa menunjukan kartu pegawai di instansi kesehatan yang terkait serta kartu keanggotaan profesi tenaga kerja kesehatan. Dirut Garuda Indonesia juga menambahkan semoga program ini bisa memberikan manfaat lebih untuk para tenaga medis di Indonesia saat ini.

 

Garuda Indonesia Terapkan Konsep Physical Distancing

Dalam masa seperti ini, maskapai Garuda Indonesia juga menerapkan konsep physical distancing dalam penerbangannya. Hal ini tentu ditujukan untuk pencegahan penularan virus corona atau Covid-19 dari penumpang. Oleh karena itu, jumlah penumpang untuk satu pesawat benar-benar diperhatikan.

Bahkan, Garuda Indonesia juga sementara ini meniadakan koran serta majalah dalam pesawat guna menghindari kontak langsung dengan orang lain. Hand sanitizer pun menjadi salah satu hal yang tidak terlewati di tiap penerbangan.

 

 

Kemudian, untuk para awak kabin yang bertugas – mereka pun selalu mendapatkan treatment kesehatan yang ketat seperti pemeriksaan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker dan sarung tangan serta hal lainnya.

 

Feature Image – kompas.com