Pandemi Covid-19 yang melanda sejumlah negara di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia benar-benar membawa banyak dampak dan pengaruh. Salah satunya adalah pengaruh pada kesejahteraan finansial. Hal ini terkait dengan pergerakan banyak orang yang akhirnya dibatasi.

Pembatasan ini online terkait penekanan penularan virus corona yang berpotensi semakin tinggi jika di tempat keramaian.

Penggunaan masker yang diwajibkan saat berada di luar rumah, wajib cuci tangan dengan sabun menjadi berbagai langkah untuk menekan penularan virus corona.

Termasuk dengan sistem work from home – banyak pegawai kantoran yang akhirnya bekerja dari rumah. Bahkan sebagian juga ada yang ‘di rumahkan’ terlebih dahulu terkait pandemi ini. Tentu hal tersebut mempengaruhi finansial banyak kalangan.

 

 

Terkait dengan hal seperti ini – ada baiknya kamu mengetahui berbagai cara untuk menyelamatkan kondisi keuangan kamu, atau setidaknya kamu bisa memastikan kalau keuangan kamu aman untuk sementara pandemi seperti ini.

Seperti di bawah ini – setidaknya ada beberapa cara buat kamu untuk menyelamatkan kondisi keuangannya. Penasaran apa saja caranya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Berbagai Cara Selamatkan Keuangan Kamu

Terkait Pandemi Virus Corona Sekarang Ini

credit: lifepal.co.id

 

Miliki Asuransi Jiwa

Tidak ada salahnya memiliki asuransi jiwa, lho. Jika ditelisik lebih dalam terkait dengan asuransi ini – kamu seperti menabung untuk masa depan. Jika memang bukan kamu yang akan menikmatinya, setidaknya keturunan atau orang-orang yang terdekat yang bisa memanfaatkannya.

 

Meningkatkan Jumlah Dana Darurat

Kurang lebih konsepnya masih seperti menabung untuk asuransi jiwa – namun bedanya, dana darurat adalah dana yang berbentuk cash yang bisa kamu pergunakan jika ada hal-hal darurat terjadi. Seperti misalnya kamu yang di rumahkan.

Jika kamu tidak mendapatkan gaji penuh karena tidak adanya pekerjaan yang kamu kerjakan karena sistem ‘di rumahkan’ kamu bisa menggunakan dana darurat yang sudah kamu simpan sebelumnya. Untuk menghadapi hal-hal seperti ini, tidak ada salahnya kamu menaikan jumlah uang yang dialokasikan ke dana darurat.

Seperti pandemi Covid-19 ini yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Oleh karena itu, dengan dana darurat – untuk sementara kamu bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

(Sementara) Tidak Untuk Kredit

Punya keinginan mengganting barang lama dengan barang baru – atau barang-barang yang belum kamu punya seperti smart tv terbaru atau permainan konsol yang baru saja keluar sepertinya mesti ditahan terlebih dahulu.

Hal ini mengacu kepada keputusan kamu untuk membeli barang-barang tersebut dengan menggunakan kartu kredit. Memang sih, membayarnya dinilai ringan – namun untuk saat ini dengan kondisi finansial yang belum settle atau kuat, lebih baik kamu urungkan dulu ya untuk menggunakan kartu kredit.

 

Melepas Beberapa Investasi

Konsepnya mirip dengan dana darurat – jika kamu mempunyai beberapa bentuk investasi seperti logam mulia atau emas, saham, valuta asing dan lainnya – bisa kamu pilih salah satunya untuk dilepas sementara agar kamu punya dana cash yang bisa digunakan setiap saat.

Tapi ingat – jika sudah dilepas dan keuangan kamu membaik – jangan lupa untuk mengganti investasi yang sempat kamu lepas ya. Hal ini mengacu ke nilai yang kamu miliki agar tidak hilang selamanya.

 

Perluas Ketrampilan!

Jika kamu sementara ini hanya mengandalkan gaji dari pekerjaan reguler di kantor – ada baiknya sekarang ini kamu bisa eksplor kemampuan diri. Artinya kamu bisa berlatih ketrampilan lainnya, seperti berdagang, berwirausaha, atau ketrampilan lainnya.

Bisa jadi – berbagai ketrampilan yang kamu pelajari dan kamu kuasai – bisa membawa kamu mendapatkan rejeki juga! Wah tentu ini bisa menopang kehidupan sehari-hari terkait pandemi yang ada sekarang ini!

 

 

Nah bagaimana? Sudah cukup jelas dengan langkah atau cara-cara untuk setidaknya menyelamatkan keuangan kamu?

 

Feature Image – sukabumiupdate.com