Apakah kamu sudah mulai merasa bosan karena mesti work from home? Sabar ya, social – physical distancing ini dinilai menjadi salah satu cara yang efektif untuk menekan jumlah yang tertular Covid-19. Oleh karena itu, sabar ya buat kamu yang mesti tetap WFH.

Bahkan untuk benar-benar memastikan kamu di rumah saja – berbagai pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kota Jakarta – sudah menerapkan sistem PSBB. Pembatasan Sosial Berskala Besar diterapkan guna menekan angka yang terjangkit virus corona.

 

 

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari – dari sistem PSBB ini disarankan untuk belanja secara online saja. Tentu sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tapi untuk sementara ini, memang lebih baik kamu di rumah dulu saja, ya.

Terkait dengan WFH yang kamu lakukan, di bahasan kali ini – ada tips yang bisa kamu terapkan agar lebih produktif walau hanya di rumah, lho. Tips ini berkaitan dengan penyusunan meja kerja kamu di rumah. Penasaran apa saja tipsnya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya, ya!

 

Tips Atur Meja Kerja Saat WFH

credit: bramblefurniture.com

Bereskan Barang yang Tidak Diperlukan

Tingkat produktivitas setiap orang memang berbeda-beda, termasuk tingkat kreativitasnya. Konon katanya, ada yang mesti meja kerjanya bersih dulu, tapi ada juga yang berantakan pun tidak apa. Namun yang jelas, tips pertama untuk jaga produktivitas kamu adalah membereskan barang yang tidak diperlukan dari pekerjaan kamu, nih.

Pastikan barang-barang yang ada di meja kerja kamu adalah barang yang pasti kamu gunakan. Tidak masalah kalau letaknya tidak beraturan – namun yang jelas hanya ada barang yang kamu gunakan saja yang ada di meja kerja.

 

Meja Kerja Jauh Dari Kasur dan TV

Percaya atau tidak – jika meja kerja mu masih dekat dengan kasur atau TV – dijamin pekerjaan kamu kurang maksimal dan optimal. Pasti ada saja celah untuk kamu tiduran sembari menonton TV. Bukannya tidak boleh, namun berdasarkan alasan profesionalisme – pekerjaan tetap jadi pekerjaan.

Artinya pekerjaan tersebut menunggu untuk kamu selesaikan. Lagipula, jika kamu menunda pekerjaan, yang rugi nantinya tidak hanya kamu tapi juga teman sekantor mu. Bagaimana jika yang kamu tunda adalah pekerjaan tim, wah dijamin kamu akan disibukan dengan suara telfon yang berbunyi terus!

Oleh karena itu, pastikan meja kerja kamu jauh dari TV atau kasur ya. Ini untuk menunjang produktivitas kamu, lho!
 

Sticky Note jadi Reminder!

Walau kamu punya catatan tersendiri soal daftar pekerjaan yang akan kamu selesaikan tiap harinya – agar tidak ada yang kelewat, kamu bisa menggunakan sticky notes yang bisa ditempelkan di meja kerja kamu.

Karena bentuknya warna-warni, tentu akan menarik perhatian mata ketika kamu mendekat ke meja kerja, dan kamu bisa langsung ingat apa saja yang akan kamu selesaikan hari itu.

 

Kudapan dan Minuman Secukupnya Saja

Memang sih – kudapan serta minuman kesukaan akan jadi penyemangat tersendiri, nih. Namun mesti kamu perhatikan jumlahnya. Bawa kudapan atau minuman secukupnya saja saat bekerja dari rumah. Kemudian, untuk menaruhnya – kamu bisa tempatkan di meja kecil lainnya.

Karena jika diletakan satu meja saja – cukup berpotensi mengganggu pekerjaan kamu seperti tersenggol lalu tumpah, remah biskuit yang malah mengotori laptop dan sebagainya.

 

Konversi Arsip Fisik ke Arsip Digital

Walau tidak semua ya yang bisa kamu konversikan ke digital – namun setidaknya yang penting-penting bisa kamu ubah ke digital sebagai arsip. Tentu kalau sudah diubah ke bentuk digital, kamu akan semakin mudah membawanya ke mana-mana.

 

 

Nah bagaimana nih? Apakah kamu sudah cukup paham dengan tips mengatur meja kerja? Kalau iya, bisa langsung kamu terapkan di rumah ya!

 

Feature Image – tribunnews.com