Hindari Penularan Covid-19: Ajari Anak Cuci Tangan Dengan Cara Menyenangkan Ini

Hindari Penularan Covid-19: Ajari Anak Cuci Tangan Dengan Cara Menyenangkan Ini

font size A Ǎ

Terkait dengan penyebaran virus corona atau Covid-19 yang sekarang statusnya masih menjadi pandemi, kebersihan seakan jadi gaya baru hampir semua orang. Hal ini terkait dengan selalu mengedepankan cuci tangan untuk alasan kebersihan.

Padahal, harusnya kamu menjaga kebersihan tangan bukan hanya seperti saat pandemi ini saja, ya. Tapi harus selalu tiap saat. Seperti menjaga daya tahan tubuh, tidak hanya kamu perhatikan detil saat seperti ini saja ya.

 

 

Mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi serta multivitamin tidak hanya kamu lakukan demi tidak tertular virus corona saja, tapi setiap saat mesti kamu lakukan juga. Seperti mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang bisa bantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal.

Tidak apa-apa kok mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C secara rutin. Hal ini dijelaskan secara detil kalau hal tersebut aman. Bahkan memang itu yang dibutuhkan oleh tubuh agar terus mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

Terlepas dari hal tersebut – kembali ke soal kebersihan, sekarang hampir setiap depan rumah mempunyai keran air serta sabun yang menyimbolkan siapapun bisa dan boleh mencuci tangan terkait alasan agar tidak tertularnya virus corona.

Buat kamu yang sedang di rumah saja karena sistem work from homekamu bisa nih sekaligus mengajarkan si kecil kebiasaan baik dan sehat ini. Terkadang si kecil memang ada kalanya sulit diberitahu untuk cuci tangan. Tapi untuk kebersihan, kamu bisa ajari dengan beberapa tips di bawah ini!

 

Tips Mengajarkan Anak Untuk Cuci Tangan

Hindari Penularan Covid-19: Ajari Anak Cuci Tangan Dengan Cara Menyenangkan Ini

credit: halodoc.com

 

Mempraktikan Dari Diri Kamu Sendiri

Cara pertama untuk mengajarkan si kecil agar menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya yang cukup ampuh adalah dengan menunjukan kalau kamu juga membersihkan tangan kamu dengan benar. Ajari bagaimana cuci tangan yang efektif, yaitu menggunakan sabun.

Tidak asal membasahi tangan saja dengan air, ya – ingat dengan sabun. Setelah itu, kamu bisa mengajarkannya berbagai gerakan sederhana bagaimana mencuci tangan sampai bersih. Ajak anak untuk mengetahui kalau kamu mencuci tangan untuk menjaga kebersihan.

 

Beritahu Kapan Mesti Cuci Tangan

Selain mencontohkan cuci tangan itu sendiri – kamu juga bisa dengan pelan-pelan memberitahu kapan saja si kecil mesti mencuci tangan. Misalnya, jika ingin makan atau sesudah makan, lalu saat pulang dari berpergian, sehabis memegang mainan atau uang.

Jika tidak diberitahu sejak dini – ada kemungkinan jika si kecil nantinya tidak peka dengan urusan seperti ini. Padahal cuci tangan adalah hal yang penting untuk menjaga kebersihan, apalagi di saat seperti pandemi Covid-19 ini.

 

Beritahu Kebersihan Adalah yang Utama

Ada kemungkinan si kecil akan bertanya ‘kenapa ya kita mesti mencuci tangan?’ – jawaban yang cukup oke salah satunya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Kamu bisa jelaskan jika mencuci tangan dengan benar, si kecil akan terhindari dari kuman, bakteri bahkan virus yang bisa menyebabkan penyakit.

Kuman, bakteri dan virus tidak terlihat – oleh karena itu, dengan mencuci tangan menggunakan sabun bisa menghilangkan hal-hal tersebut dan menjadikan tubuh bersih serta sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

 

Bagaimana Jika Sedang di Tempat Umum?

Hand sanitizer bisa jadi salah satu cara pengganti cuci tangan dengan sabun. Namun kamu juga mesti memberitahu si kecil bahwa hand sanitizer baiknya tidak selalu digunakan karena yang paling efektif adalah mencuci tangan dengan sabun.

Tapi jika kamu dan si kecil dalam perjalanan, atau di tempat umum yang tidak menyediakan tempat cuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer atau minimal tisu basah yang mengandung antiseptik sehingga si kecil makin tahu dan paham bagaimana pentingnya menjaga kebersihan.

 

 

Jadi bagaimana? Sudahkah kamu mengajari dan memberitahu si kecil bagaimana baiknya mencuci tangan dengan sabun yang benar?

 

Feature Image – popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!