Terapkan 4 Langkah Berikut Saat Membersihkan Rumah Untuk Cegah Penularan Covid-19

Terapkan 4 Langkah Berikut Saat Membersihkan Rumah Untuk Cegah Penularan Covid-19

font size A Ǎ

Covid-19 merupakan virus yang mudah menyebar dan menular dari satu orang ke orang lainnya. Bahkan, penularan Covid-19 bisa dari orang yang sudah terinfeksi virus corona, namun tidak menunjukkan gejala apapun, sehingga ia tidak menyadari bahwa ia dapat menularkan Covid-19 ke orang lain yang ada di sekitarnya.

Saat, ini masyarakat sudah dihimbau untuk menerapkan physical distancing dan sebaiknya tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak. Ketika di rumah saja, penting bagimu untuk tetap menjaga kebersihan diri dan rumahmu. Ini karena Covid-19 dapat bertahan selama beberapa jam atau hari di permukaan benda.

Untuk mencegah penularan Covid-19, berikut ini 4 langkah yang dapat kamu terapkan untuk membersihkan rumah.

1. Siapkan Peralatan

Terapkan 4 Langkah Berikut Saat Membersihkan Rumah Untuk Cegah Penularan Covid-19

Ccredit: dekoruma.com

Sebelum membersihkan rumah, siapkan peralatan yang kamu butuhkan terlebih dahulu. Kamu akan membutuhkan masker, sarung tangan sekali pakai yang tahan air dengan bahan karet atau plastik, kantong sampah, sabun atau detergen, cairan disinfektan, dan lap bersih.

Kemudian, saat kamu membersihkan rumah, biarkan jendela rumah terbuka agar sirkulasi udara di rumah lancar.

2. Mulai Dengan Membersihkan Permukaan Benda

Terapkan 4 Langkah Berikut Saat Membersihkan Rumah Untuk Cegah Penularan Covid-19

Credit: sehatq.com

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah, cuci tanganmu terlebih dahulu dengan air dan sabun atau gunakan hand sanitizer, kemudian gunakan sarung tangan.

Lalu, bersihkan setiap permukaan benda yang ada di rumah dengan menggunakan lap bersih yang sudah direndam dengan campuran air dan detergen. Bersikan benda- benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, permukaan meja, bagian lengan kursi, remote tv, dan keran air.

3. Semprotkan Cairan Disinfektan

Terapkan 4 Langkah Berikut Saat Membersihkan Rumah Untuk Cegah Penularan Covid-19

Credit: parenting.dream.co.id

Lakukan disinfeksi pada benda- benda yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan lap bersih. Kamu dapat membeli cairan disinfektan secara online. Atau kamu dapat membuatnya dengan mencampur 4 sendok teh larutan pemutih pakaian (bleach) dengan air 1 liter. Kemudian, masukkan campuran keduanya ke dalam botol semprot.

Semprotkan cairan disinfektan secukupnya ke benda- benda yang ada di rumah. Biarkan selama 10 menit, lalu usap dengan lap bersih hingga permukaan benda kering.

4. Buang Sarung Tangan dan Cuci Tangan

Terapkan 4 Langkah Berikut Saat Membersihkan Rumah Untuk Cegah Penularan Covid-19

Credit: hellosehat.com

Setelah membersihkan rumah, lepaskan sarung tangan dan buang ke dalam plastik sampah yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan semua kotoran atau sampah juga sudah dimasukkan ke dalam plastik tersebut sebelum kamu melepas sarung tangan.

Ikat erat sampah plastik, lalu buang ke bak sampah. Setelah itu, cuci tanganmu dengan air mengalir dan sabun dan usahakan untuk langsung mandi setelahnya.

Selain benda- benda yang ada di rumah, kamu juga perlu rutin mengganti dan mencuci perlengkapan tidur seperti seprai, membersihkan alat pembersih seperti sapu, lap, dan kain pel. Dan usahakan untuk rutin mencuci pakaian, tanpa perlu menunggu hingga menumpuk terlebih dahulu.

Membersihkan benda- benda di rumah memang penting dalam mencegah penularan Covid-19, namun yang tidak kalah penting adalah tetap menjaga kesehatan. Terapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, rutin berolahraga, hindari begadang dan tidur 7-8 jam semalam, minum 8 gelas setiap hari, dan lengkapi dengan mengonsumsi Enervon-C dua kali sehari.

Enervon-C merupakan multivitamin yang mengandung vitamin C untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu dan vitamin B Kompleks yang berperan dalam proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

 

Featured Image - webcomicms.net


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!