Cepatnya penularan Covid-19 membuat semua orang diwajibkan untuk menggunakan masker saat berpergian. Saat ini, masker medis (bedah dan N95) sebaiknya digunakan oleh tim medis, orang yang sakit atau bergejala, dan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan pekerjanya.

Sementara, orang yang sehat disarankan untuk menggunakan masker kain (non- medis) yang dapat digunakan berulang kali. Namun, menurut laporan yang diterbitkan di The Lancet menyebutkan bahwa, virus masih dapat bertahan di lapisan terluar masker hingga tujuh hari. Oleh karena itu, masker kain sebaiknya dicuci sesering mungkin.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk mencuci masker kain? Berikut ini 4 cara yang direkomendasikan:

1. Waktu Mencuci

Credit: halodoc.com

Dikarenakan virus masih dapat menempel di lapisan terluar masker selama beberapa hari, maka Center for Disease and Prevention Control (CDC) Amerika Serikat, merekomendasikan untuk mencuci masker kain setidaknya satu kali dalam sehari.

Masker harus selalu dicuci, terutama setiap setelah digunakan. Selain itu, hindari menyentuh wajah serta segera cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan masker.

2. Gunakan Detergen dan Disinfektan

Credit: praxisdienst.com

Ketika membersihkan masker kain, disarankan untuk menggunakan menggunakan detergen dan senyawa disinfektan lainnya. Ini karena disinfektan dan bahan aktif lainnya lebih efektif untuk membunuh mikroba yang menempel pada masker, daripada menggunakan detergen standar.

3. Gunakan Air Panas

Credit: mentalfloss.com

Air panas cukup efektif untuk membunuh kuman atau virus. Jadi, disarankan untuk menggunakan air panas dengan suhu setidaknya 60 derajat ceclcius ketika mencuci masker kain.

Setelah selesai dicuci, segera keringkan. Kamu bisa mengeringkan masker menggunakan pengering panas yang juga dapat membantu membunuh mikroba berbahaya.

4. Sterilkan Masker

Credit: idntimes.com

Kamu juga dapat mensterilkan masker kain dengan menyetrikanya setelah kering, atau meletakkan masker di oven selama 20 menit dengan temperature 60 derajat celcius.

Selain menggunakan masker terutama ketika berpergian, wajib bagimu untuk tetap menjaga kesehatan. Terapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, tidur yang cukup, minum 8 gelas sehari, dan konsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari untuk menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Perhatikan pula kebersihanmu dengan rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya 20 detik, hindari menyentuh area wajah dengan tangan yang tidak bersih, serta terapkan physical distancing dengan tetap berada di rumah, atau jaga jarak setidaknya 1,5 meter ketika berada di tempat umum.

 

Featured Image - huffingtonpost.ca

Source - cnnindonesia.com