Setiap orang tua tentu mempunyai keinginan yang sama: tidak ingin anaknya jatuh sakit. Oleh karena itu, kamu tentu melakukan apapun supaya si kecil tidak sakit, kan? Memberikan makanan serta minuman yang bernutrisi adalah salah satu caranya agar daya tahan tubuh si kecil tetap optimal.

Untuk melengkapinya, kamu bisa berikan Enervon-C sirup untuk si kecil. Berbagai manfaat bisa si kecil dapatkan, lho. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh anak di masa pertumbuhannya, membantu pembentukan tulang dan gigi, sampai meningkatkan nafsu makan!

 

 

Tapi kalau memang misalnya si kecil sakit, kamu juga tidak perlu cemas berlebihan, ya. Respon cemas atau panik ketika anak sakit adalah rasa yang wajar yang dimiliki oleh orang tua. Di dalam situs popmama dan menurut Psikolog Monica Sulistiawati, respon panik itu hal wajar namun jika berlebihan, bisa memengaruhi berbagai hal juga.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu panik-panik banget nih kalau si kecil sakit. Tapi bagaimana supaya kamu tidak panik berlebihan? Di bahasan kali ini – setidaknya ada 3 cara sederhana dan mudah supaya kamu tetap dalam kendali.

Penasaran apa saja cara-caranya? Sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

3 Cara Sederhana Untuk Meredakan Panik Kamu

credit: tribunnews.com

 

Atur Napas Secara Teratur

Walau ini merupakan teknik dasar – tapi benar ampuh, lho. Jika si kecil sakit, kamu tidak perlu tergesa-gesa untuk mencarikan obat atau melakukan pertolongan pertama. Kalau kamu tidak tenang, pertolongan pertama itu juga akan sia-sia.

Oleh karena itu, biasanya untuk bisa mengatur napas secara teratur sehingga jika ada kejadian seperti si kecil sakit, kamu tidak perlu kaget dan panik berlebihan. Karena tentu hal tersebut akan selalu ada obatnya. Jadi kamu tenang, ya.

Menurut Psikologi Monica Sulistiawati – jika kamu membiasakan bernapas dengan tenang dan teratur, berangsur otak juga akan tenang dan kamu bisa berpikir secara lebih jernih. Dari sini, kamu bisa dengan mudah menemukan solusi untuk si kecil yang jatuh sakit.

 

Rendahkan Nada Bicara Kamu

Biasanya kalau sudah panik karena si anak sakit – bawaannya ingin ngomel atau memarahinya. Eits, hal tersebut malah akan membuat kamu makin tidak terkontrol, lho. Oleh karena itu, selain mengatur napas seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu perlu merendahkan nada bicaranya.

Hal ini juga akan berdampak pada anak, lho. Kalau kamu tenang, si kecil pun tidak akan tambah setres, tapi kalau kamunya sudah ngomel atau bahkan berbicara dengan nada yang tinggi – wah bisa jadi si kecil malah bertambah tekanannya.

 

Cari Informasi Dengan Cerdas

Setelah dua hal di atas bisa kamu lakukan – barulah kamu bisa mencari tahu kenapa si kecil sakit, apa solusi atau obatnya atau bagaimana langkah selanjutnya untuk penanganan hal tersebut. Ditambah, jika kamu tenang, kamu akan lebih teliti untuk mencari informasi terkait dengan sakitnya si kecil.

 

 

Nah bagaimana? Sudah cukup jelas ya kalau kamu tidak perlu panik atau cemas berlebihan karena hal tersebut malah akan tambah merepotkan kamu ketika si kecil sakit.

 

Feature Image – halodoc.com