Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sudah diterapkan diberbagai daerah di Indonesia, termasuk Kota Jakarta. Hal ini tidak lain dan tidak bukan bermaksud untuk menekan jumlah angka yang terjangkit Covid-19 yang sekarang statusnya masih menjadi pandemi.

banyak orang segera dilarang. Termasuk kegiatan perkantoran sampai kegiatan jual-beli di pasar, sekarang dibatasi. Bahkan untuk perkantoran, sudah banyak yang menerapkan sistem work from home.

Nah buat kamu yang mesti keluar rumah untuk pergi membeli kebutuhan sehari-hari di pasar atau di supermarket, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Seperti selalu menggunakan masker, kalau bisa sarung tangan, dan membawa hand sanitizer untuk memastikan kamu selalu bersih.

 

 

Kemudian, kamu bisa menyesuaikan waktu belanja di jam-jam sepi dan tetap menjaga jarak saat berbelanja di pasar atau di supermarket. Lalu, sebisa mungkin tidak perlu mengajak keluarga saat melakukan aktivitas berbelanja itu.

Terkait langkah-langkah untuk tetap aman saat berbelanja di pasar atau supermarket, ahli penyakit dalam Dr. Dirga Sakti Rambe, Msc, SpPD menjelaskan setidaknya ada 6 tips untuk kamu yang keluar rumah untuk berbelanja. Apa saja tipsnya? Sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Tips Berbelanja yang Aman

credit: okezone.com

 

Buat Daftar Belanja Terlebih Dahulu

Agar lebih efisien dan efektif serta tidak terlalu lama di luar rumah untuk berbelanja – kamu sebaiknya menyiapkan daftar belanja terlebih dahulu sebelum keluar ke pasar atau supermarket. Dari situ kamu bisa mempersingkat waktu untuk tidak keliling mencari apa yang dibutuhkan.

 

Cukup 30 Menit di Supermarket

Dengan keadaan seperti ini – ada baiknya kamu tidak terlalu lama untuk berada di luar rumah, ya. Cukup 30 menit sampai satu jam kamu berada di pasar atau supermarket. Jika kamu sudah punya daftar belanja, tentu kamu akan lebih cepat berbelanja karena sudah tahu apa saja yang dibutuhkan.

 

Stok, Tapi Tidak Panic Buying

Beli barang untuk stok satu sampai dua minggu. Namun tidak berarti kamu panic buying, ya. Hal ini terkait dengan ketersediaan makanan atau minuman serta beberapa kebutuhan lainnya dinilai aman untuk masa pandemi ini.

 

Cukup Kamu Saja Untuk Berbelanja

Sebisa mungkin tidak perlu kamu ajak keluarga untuk keluar berbelanja kebutuhan. Kamu saja dan tidak ajak si kecil. Hal ini tentu mengacu ke penekanan angka penularan virus berbahaya ini.

 

Pakai Masker dan Bawa Hand Sanitizer

Tidak ada alasan untuk tidak menggunakan masker serta membawa hand sanitizer, ya. Jika di pasar atau di supermarket disediakan fasilitas untuk cuci tangan, kamu bisa gunakan itu untuk memastikan tangan selalu bersih setelah memegang barang belanjaan.

 

Sampai Rumah, Ganti Pakaian

Pastikan jika sudah sampai di rumah setelah berbelanja, kamu ganti semua pakaian, dan bersihkan bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, dan lainnya. Cuci baju dengan sabun serta bersihkan barang belanjaan dengan cairan desinfektan.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika mesti keluar dari rumah untuk berbelanja.

 

Feature Image – otomotif.kompas.com