Ngabuburit adalah salah satu tradisi yang terjadi saat bulan Ramadhan. Kegiatan menunggu waktu berbuka puasa ini adalah kesempatan buat kamu untuk mencari bahan berbuka. Biasanya kamu pergi ke mana nih untuk cari bahan berbuka puasa sore hari?

Tapi sayang sekali – kita semua mesti tetap semangat di bulan Ramadhan atau bulan puasa kali ini karena tetap harus di rumah dulu saja terkait pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu untuk ngabuburit, sepertinya kegiatan ini tidak kamu lakukan dulu.

 

 

Tapi tenang – bukan berarti tidak ngabuburit kamu jadi tidak punya kegiatan yang menambah semangat ya! Di bahasan kali ini, setidaknya ada lima kegiatan seru yang bermanfaat dan bisa kamu lakukan hanya di rumah saja. Jadi penasaran apa saja lima kegiatan tersebut? Sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Lima Kegiatan Seru Ngabuburit di Rumah!

credit: tirto.id

 

Masak Resep Enak Dari Youtuber Favorit!

Memasak adalah salah satu kegiatan yang direkomendasikan buat kamu yang bingung mau ngabuburitnya apa. Biar makin seru, kamu bisa buka Youtube dulu dan pilih Youtuber mana yang suka masak-masak dan kamu bisa ikut resep yang mereka bagikan.

Kalau perlu ajak si kecil untuk belajar dari sekarang bagaimana memasak itu. Kamu bisa mulai minta bantuannya yang kecil-kecil seperti mencuci buah, atau mencuci sayuran. Wah pasti seru dan tidak berasa kamu sudah menghabiskan waktu ngabuburit dengan menyenangkan, nih!

 

Perawatan Wajah Pakai Masker

Tidak ada salahnya kok kamu merawat wajah kamu dan menjadikan kegiatan ini sebagai ngabuburit menunggu waktu untuk berbuka. Walau tidak setiap hari – minimal kamu bisa menjadwalkan kegiatan ini 1-2 kali dalam seminggu.

Cukup memakan waktu lama lho untuk merawat wajah kamu dengan menggunakan masker. Kamu mesti menunggu masker tersebut terasa nyaman di wajah kamu, lalu membersihkannya dengan air atau pembersih lainnya. Selain wajah jadi sehat dan segar, tidak terasa waktu berbuka sudah sebentar lagi!

 

Belanja Online, Kenapa Tidak?

Selain main sosial media – tidak ada salahnya kok kalau kamu nanti mengganti kegiatan ngabuburit dengan nongkrong di toko online langganan. Siapa tahu ada yang kamu butuhkan untuk persiapan hari raya nanti!

Oh iya, lagipula – dengan sistem PSBB yang sudah diterapkan untuk menekan angka penularan Covid-19 di tengah pandemi ini, belanja online jadi hal yang direkomendasikan untuk kamu, lho. Hal ini tentu menghindarkan kamu dari kerumunan banyak orang seperti di pasar fisik pada umumnya.

 

Bersih-Bersih Rumah!

Walau terdengar tidak begitu menyenangkan – tapi kalau sudah kamu lakukan bisa saja kamu lupa waktu, lho! Percaya atau tidak, bersih-bersih rumah sebenarnya cukup menyenangkan. Apalagi kalau kamu bisa ajak si kecil untuk membantu.

Kamu bisa mulai dari meminta si kecil membersihkan kamarnya sendiri atau merapikan mainan yang ada. Di sana kamu bisa mengajarkan ke si kecil bagaimana pentingnya kebersihan untuk kesehatan! Jangan lupa pakai masker dan sarung tangan ya!

 

Membaca Buku Favorit!

Kegiatan terakhir ini jika memang kamu tidak punya jadwal lain selain bersantai-santai – membaca buku favorit bisa jadi kegiatan ngabuburit yang bermanfaat, lho! Dengan membaca buku favorit – dijamin kamu juga akan lupa waktu dan tetiba waktu sudah mendekati berbuka.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari lima kegiatan seru untuk menggantikan kegiatan ngabuburit kamu sebelumnya, sudah ada yang mau kamu lakukan nih?

 

Feature Image – theshonet.com