Optimalkan Pertumbuhan: Ini 5 Vitamin yang Sebaiknya Diberikan pada Anak

Optimalkan Pertumbuhan: Ini 5 Vitamin yang Sebaiknya Diberikan pada Anak

font size A Ǎ

Di zaman serba instan seperti sekarang ini, menjaga tumbuh kembang anak agar tetap optimal bukanlah hal yang mudah. Selain mengenai cara mengasuh, orangtua juga wajib mengetahui pengetahuan tentang nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Salah satu kebutuhan yang wajib diberikan pada anak adalah vitamin, yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kekebalan tubuh si kecil, serta mempercepat proses penyembuhan ketika anak sakit. Kekurangan vitamin, dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya, serta dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhannya, berikan 5 jenis vitamin berikut ini pada si kecil.

1. Vitamin A

Optimalkan Pertumbuhan: Ini 5 Vitamin yang Sebaiknya Diberikan pada Anak

Credit: openfit.com

Yang sudah pasti tidak boleh dilewatkan adalah vitamin A. Mungkin kamu sudah hafal dengan manfaat vitamin A, yaitu untuk menyehatkan indera penglihatan. Namun, tidak hanya itu! Vitamin A juga berperan untuk meningkatkan imunitas tubuh si kecil, memelihara kesehatan kulit, membantu pertumbuhan tulang, dan menjaga kesehatan serta pertumbuhan sel kuku dan rambut.

Berikan anak makanan yang mengandung vitamin A seperti kuning telur, hati sapi, bayam, wortel, paprika, dan keju.

2. Vitamin B Kompleks

Optimalkan Pertumbuhan: Ini 5 Vitamin yang Sebaiknya Diberikan pada Anak

Credit: vitamins.lovetoknow.com

Vitamin B memiliki banyak jenis yang memiliki manfaat serta komposisi yang berbeda- beda. Vitamin B Kompleks di bagi menjadi B1, B2, B3, B5, B6, dan B12 yang memiliki fungsi beragam.

Kombinasi vitamin B Kompleks tersebut dapat membantu merangsang pertumbuhan, meningkatkan kemampuan berpikir, mengubah makanan menjadi sumber energi, membantu dalam proses pembentukan sel darah merah dan putih, meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat meningkatkan daya konsentrasi si kecil.

Vitamin B Kompleks bisa diperoleh dari beberapa sumber makanan sesuai dengan jenisnya, yaitu:

  • Vitamin B1 (Thiamine): daging, telur, gandum, kacang hijau, beras, susu
  • Vitamin B2 (Riboflavin): kuning telur, sayuran hijau, susu
  • Vitamin B3 (Niasin): hati, ikan, kentang, gandum, buah-buahan
  • Vitamin B5 (Pantothenic acid): hati, daging, sayuran hijau, susu
  • Vitamin B6 (Pyridoxine): hati, ikan, daging, kacang-kacangan, beras, jagung
  • Vitamin B12 (Cobalamins): hati, daging, dan telur

3. Vitamin C

Optimalkan Pertumbuhan: Ini 5 Vitamin yang Sebaiknya Diberikan pada Anak

Credit: healthline.com

Vitamin C merupakan antioksidan dan antihistamin, yang berperan untuk meningkatkan imunitas anak agar ia terhindar dari berbagai macam virus atau bakteri penyebab penyakit. Mengonsumsi vitamin C secara rutin, dapat membangun sistem pertahanan alami dalam tubuh si kecil, sehingga kesehatannya tetap terjaga.

Jika ia kekurangan vitamin C, maka tubuh sulit untuk membentuk kolagen baru yang mendukung berbagai jaringan tubuh, seperti kulit, rambut, kuku, otot, dan tulang. Dan jika kolagen sulit terbentuk, hal ini dapat mengganggu kesehatan dan sistem pemulihan tubuhnya.

Berikan anak sumber vitamin C yang baik seperti jambu biji, jeruk, pepaya, brokoli, melon, anggur, mangga, bayam, kentang, pisang, dan stroberi.

4. Vitamin D

Optimalkan Pertumbuhan: Ini 5 Vitamin yang Sebaiknya Diberikan pada Anak

Credit: menshealth.com

Vitamin D merupakan vitamin yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulangnya. Selain itu, vitamin D juga berperan sebagai pengontrol jumlah kalsium dalam darah, melawan infeksi, dan mencegah beberapa penyakit.

Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan beberapa kondisi kesehatan, seperti mengalami kejang, adanya gangguan pada oto jantung, serta pertumbuhan yang kurang optimal.

Vitamin D bisa diperoleh dari makanan seperti salmon, yogurt, susu, kuning telur, margarin fortifikasi, dan mackerel. Tidak hanya dari makanan saja, vitamin  D juga dapat diperoleh dari sinar UVB dari sinar matahari, yang dapat mengurangi risiko alergi.

5. Zat Besi

Optimalkan Pertumbuhan: Ini 5 Vitamin yang Sebaiknya Diberikan pada Anak

Credit: bubumada.com

Zat besi memiliki peran penting untuk memproduksi hemoglobin (pembawa oksigen dalam darah) serta mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada anak. Anemia dapat membuat anak jadi lebih mudah lelah, lesu, serta jadi mudah marah.

Berikan sumber zat besi pada anak seperti hati sapi atau ayam, daging merah tanpa lemak, kacang- kacangan, bayam, brokoli, kangkung, tahu, serta seafood seperti tuna, salmon, dan udang.

 

Kelima nutrisi tersebut dibutuhkan oleh si kecil untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Namun, terkadang si kecil mengalami kondisi dimana vitamin tersebut tidak dapat terpenuhi, misalnya karena ia tidak mau makan sayur, atau jenis makanan lainnya.

Agar kebutuhan vitamin anak tetap terpenuhi, berikan multivitamin Enervon-C Plus Syrup yang mengandung vitamin  A, vitamin B Kompleks, vitamin C, dan vitamin D, yang dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi serta vitamin harian si kecil, sekaligus meningkatkan sistem imunnya!

 

Featured Image - mysouthernhealth.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!