Sampai masuk ke bulan Ramadhan seperti ini, pandemi Covid-19 belum berakhir juga. Hal ini tentu membuat kamu mempunyai pengalaman hidup tersendiri: berpuasa di tengah pandemi virus corona tentu hal yang luar biasa.

Di tengah kamu mesti menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi virus berbahaya ini, kamu juga mesti menjalani puasa (bagi yang memeluk agama Islam). Oleh karena itu, jika memang tidak penting untuk keluar rumah, kamu sementara di rumah dulu saja.

 

 

Hal ini juga terkait work from home yang masih terus diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, khususnya yang sudah termasuk sebagai zona merah. Bahkan untuk bulan Ramadhan kali ini, menuju Lebaran nanti, kamu tidak bisa untuk mudik dulu.

Tradisi mudik atau pulang kampung untuk sementara ini dilarang oleh pemerintah Indonesia terkait sebagai salah satu langkah pencegahan penularan atau penyebaran virus corona. Diketahui kalau Kota Jakarta adalah salah satu zona merah yang ada di Indonesia, dan sebagian besar penduduknya malah dari berbagai daerah.

Terlepas dari hal tersebut – kamu juga mesti tetap menjaga daya tahan tubuh agar terus optimal. Seperti penuturan Bima Arya, Wali Kota Bogor yang sembuh dari infeksi Covid-19 menyatakan daya tahan tubuh adalah salah satu kuncinya.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dan terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh agar terus optimal, terlebih saat bulan Ramadhan seperti ini. Penasaran apa saja? Sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Jaga Daya Tahan Tubuh Terus Optimal!

credit: liputan6.com

 

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Menjaga daya tahan tubuh adalah hal tersendiri dan berpuasa adalah hal yang berbeda juga – dan untuk kali ini, kamu mesti melakukan dua-duanya. Oleh karena itu, maksimalkan usaha kamu dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi saat berbuka atau sahur nanti.

Perhatikan segala kebutuhan tubuh kamu, ya. Dari karbohidrat yang cukup sampai vitamin serta serat untuk mengoptimalkan metabolisme yang ada di dalam tubuh, mesti kamu perhatikan dengan baik ya!

 

Lengkapi Dengan Minum Multivitamin

Makanan dan minuman bernutrisi adalah pondasi yang cukup kokoh untuk membangun daya tahan tubuh yang terus optimal. Lebih baik lagi jika kamu melengkapi semua itu dengan mengonsumsi multivitamin yang bisa bantu kamu jaga daya tahan tubuh agar terus optimal.

Seperti Enervon-C yang mengandung Vitamin C serta Vitamin B Kompleks yang bisa bantu kamu terus miliki daya tahan tubuh yang optimal. Atau kamu bisa konsumsi juga Enervon Active yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks serta Zinc yang bisa bantu kamu dapatkan energi terus!

Keduanya cukup aman kok dikonsumsi rutin. Hal ini terkait dengan sifat zatnya yang larut dalam air sehingga mudah diserap oleh tubuh. Dan zat yang sudah tidak terpakai lagi, akan keluar dari urin.

 

Istirahat – Tidur yang Cukup

Selain mengonsumsi makanan serta minuman yang bernutrisi dan melengkapinya dengan multivitamin, istirahat yang cukup adalah hal yang juga mesti kamu terapkan. Jika tidak ada hal yang terlalu penting untuk membuat kamu terjaga sampai larut, sebaiknya kamu istirahat saja karena nantinya mesti bangun lagi untuk sahur dan kegiatan lainnya.

 

Jangan Lupa Berolahraga!

Karena berada di dalam kondisi puasa – beberapa rekomendasi waktu seperti sehabis jam 5 pagi dan menuju berbuka pada sore hari adalah waktu-waktu yang bagus untuk kamu berolahraga. Tidak perlu yang intensitasnya tinggi, kamu cukup olahraga ringan saja.

Misalnya seperti senam ringan, angkat beban ringan atau bahkan jalan santai pun tidak apa-apa!

 

Jaga Pikiran, Jangan Sampai Stres

Kondisi pandemi yang sampai sekarang belum berakhir dan juga pemberitaannya yang terus menerus ada, beberapa membuat pikiran tertekan dan akhirnya menyebabkan stress. Kamu bisa hindari hal ini dengan membatasi diri konsumsi berita atau penggunaan media sosial, ya.

Kamu juga mesti pintar memilih berita mana yang bisa kamu konsumsi atau tidak. Jika dirasa terlalu menakut-nakutkan, lebih baik tinggalkan karena berita seperti itu akan membuat kamu malah tertekan.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas dengan lima hal di atas? Jangan lupa kamu terapkan agar ibadah puasa lancar dan daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik agar terhindar dari infeksi virus berbahaya ya!

 

Feature Image - sindonews