5 Cara Cerdas Membangun Hubungan Sosial yang Baik Dengan Rekan Kerja

5 Cara Cerdas Membangun Hubungan Sosial yang Baik Dengan Rekan Kerja

font size A Ǎ

Dalam lingkungan kerja, membangun hubungan sosial yang baik dengan atasan, rekan kerja, maupun bawahan penting untuk dilakukan. Hal ini tidak terlepas dari manusia sebagai makhluk sosial dan membutuhkan komunikasi atau interaksi dengan orang- orang yang ada disekitar.

Bagi sebagian orang, membangun sebuah hubungan sosial mungkin tidaklah mudah. Bisa jadi ini diakibatkan oleh adanya rasa canggung, ditolak, atau merasa tidak percaya diri yang menyebabkan seseorang jadi kurang “luwes” dalam menjalin hubungan sosial.

5 Cara Cerdas Membangun Hubungan Sosial yang Baik Dengan Rekan Kerja

Credit: nerdwallet.com

Nah, berikut ini 5 cara cerdas yang bisa kamu lakukan untuk menjalin hubungan sosial dengan rekan kerja!

Latih Kemampuan Komunikasi

Komunikasi merupakan soft skill yang bisa diasah, asalkan kamu berani untuk membuka diri dalam sebuah obrolan dan mau menjalin pertemanan. Memiliki komunikasi yang baik dengan rekan kerja penting dilakukan, terutama agar kamu lebih memahami dan menerima kepribadian dari rekan- rekan kerjamu.

Luangkan waktu sejenak untuk mengobrol dan bertukar cerita dengan rekan kerja. Jangan lupa, untuk selalu berikan senyuman dan sapa mereka sambil berusaha mengasah kemampuan berkomunikasimu secara personal.

Saling Tolong Menolong

Memiliki inisiatif untuk menolong bisa menjadi salah satu cara agar dapat menjalin hubungan sosial yang baik dengan rekan kerjamu di kantor. Berikan bantuan pada rekan kerja yang sedang membutuhkan, tentunya tanpa ada rasa pamrih atau ingin dibalas.

Misalya, ketika salah satu rekan kerjamu sedang dikejar deadline pekerjaan, kamu bisa memberikan bantuan untuk meringankan beban mereka. Atau saat salah satu rekan kerja sedang menunggu transportasi, kamu bisa mengajaknya pulang bersama.

Kebaikan yang diberikan pada saat yang tepat atau ketika orang benar- benar membutuhkannya, akan membuat momen ini sangat diingat dan tidak terlupakan.

Jalin Hubungan Pertemanan Di  Luar Kantor

Tidak hanya di kantor saja, ketika kamu sedang berada di luar kantor atau saat hari libur, kamu bisa menjalin hubungan sosial yang baik. Kamu bisa mengajak rekan kerjamu untuk jalan- jalan saat weekend, atau jika kamu berpapasan dengan mereka di tempat umum, berikan senyuman dan sapa rekan kerjamu.

Atau jika memungkinkan, kamu juga bisa merencanakan liburan bersama ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Terdengar seru, ya!

Jadi Pendengar yang Baik

Ada saatnya rekan kerjamu mengalami masalah dan membutuhkan teman untuk curhat dan mendengarkan semua unek- unek atau keluh kesahnya. Kamu bisa menjadi pendengar yang baik bagi mereka untuk sekedar meringankan beban yang sedang dialami.

Posisikan dirimu sebagai pendengar yang baik dan aktif dengan memberikan saran ketika rekan kerja memintanya. Namun, tak selalu rekan kerja yang sedang dalam masalah membutuhkan solusi darimu, ada kalanya mereka hanya ingin didengarkan atau butuh teman cerita.

Jujur dan Terbuka

Sekedar basa basi saja seringkali membuat hubungan sosialmu hanya berada di level yang sama. Jika kamu ingin meningkatkan hubungan sosial, hindari memberikan tanggapan yang hanya sekedar basa basi dan terlalu fokus untuk menyenangkan hati rekan kerja. Terkadang jujur memang tidak menyenangkan di hati orang lain, namun mereka pasti akan mengerti bahwa kamu peduli.

Misalnya, jika hasil kerja temanmu kurang maksimal, maka kamu sebaiknya jujur padanya, agar ia bisa memperbaiki kesalahan dan hasil pekerjaannya. Dan berikan apresiasi pada rekan kerjamu sesuai porsinya, tidak melebih- lebihkan atau tidak memberi pujian sama sekali atas hasil kerja mereka.

Dengan begitu, rekan kerjamu akan merasa bahwa kamu peduli dan menghargai mereka.

Memiliki hubungan sosial yang baik dengan kerja dapat memberikan vibes kerja yang baik, terutama kamu sering menghabiskan waktu bersama mereka. Untuk itu, kamu bisa menerapkan 5 cara di atas agar hubungan sosialmu dengan rekan kerja dapat terjalin dengan baik!

 

Featured Image - awardstaffing.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!