Saat bulan puasa, tak jarang orang jadi lebih sering menyiapkan makanan sehat dan berbagai suplemen vitamin saat sahur, seperti vitamin C agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Meskipun dengan memperhatikan menu makananmu saat berbuka dan sahur, serta menjaga jam tidur teratur menjamin kamu dapat berpuasa dengan lancar selama bulan Ramadan, tapi tidak ada salahnya lho mengonsumsi vitamin C secara rutin saat sahur.

Berikut ini berbagai manfaat yang dapat kamu peroleh jika mengonsumsi vitamin C saat sahur. Simak ulasan lengkapnya!

Credit: hellosehat.com

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Manfaat yang satu ini mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Vitamin C memiliki fungsi untuk memperkuat sel- sel imun dan menjaga daya tahan tubuh terhadap serangan virus, bakteri, maupun penyakit.

Selama berpuasa, sel- sel imun tubuh sedang berusaha mengikui perubahan dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin C, maka sel- sel tersebut akan sulit untuk melawan virus, bakteri, dan penyakit. Jadi, bisa saja kamu lebih rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin C saat sahur sangatlah penting.

Kamu bisa mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan vitamin B Kompleks. Kombinasi keduanya dapat menjaga tubhmu tetap sehat dan kandungan vitamin B Kompleksnya dapat membantu proses metabolisme makanan untuk menghasilkan energi yang lebih tahan lama agar puasamu lancar seharian.

Menjaga Energi Tahan Lebih Lama

Ketika menjalani ibadah puasa, seringkali kamu merasa lemas seharian dan jadi lebih cepat lelah. Apalagi, kalau sudah memasuki pertengahan bulan Ramadan.

Hal ini disebabkan karena sistem metabolisme tubuhmu masih dalam tahap penyesuaian. Dengan adanya asupan vitamin C, sistem metabolisme  tubuh akan lebih cepat beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi pada tubuhmu. 

Apalagi, jika dibantu dengan vitamin B Kompleks, yang dapat membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga puasa pun lancar. 

Kedua kandungan ini bisa kamu temukan dalam Enervon-C, yang dapat kamu minum dua kali sehari saat sahur dan berbuka puasa!

Credit: hellosehat.com

Pikiran Segar Seharian

Mengonsumsi vitamin C saat sahur baik untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingatmu. Ketika sedang berpuasa, fungsi kognitif otak seperti konsentrasi, mengingat, dan mengambil keputusan mungkin saja menurun karena otak tidak mendapat asupan oksigen yang cukup. Nah, vitamin C memiliki fungsi untuk menjaga jaringan pada otak, sehingga pikiranmu tetap fresh seharian meskipun sedang puasa.

Melancarkan Peredaran  Darah

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, terutama di bulan puasa, lho! Kandungan pada vitamin  C dapat mengurangi stress oksidatif dan mencegah disfungsi vaskular yang disebabkan oleh glukosa. Sehingga, sirkulasi darah dalam tubuh jadi lancar, dan tubuh tetap sehat serta terhindar dari berbagai penyakit, seperti diabetes, peripheral artery disease, atau vena varikosa.

Tidur Nyenyak

Untuk kamu yang sulit tidur, vitamin C dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak. Selama puasa, menjaga kualitas tidur sangat penting, terlebih lagi kamu harus bangun saat sahur dan bekerja di pagi harinya. Dengan tidur nyenyak, kamu bisa mendapat kualitas tidur yang baik, sehingga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh juga terjaga.

 

Nah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya apa saja manfaat mengonsumsi vitamin C saat sahur? Jangan lupa, selalu penuhi kebutuhan vitamin C tubuhmu ya, dengan minum multivitamin Enervon-C dua kali sehari agar sistem kekebalan tubuhmu tetap dalam kondisi prima!

Featured Image - klikdokter.com