Memiliki anak yang cerdas dengan kemampuan mengesankan tentu merupakan impian dari sebagian besar orang tua. Anak dengan otak yang cerdas dan berprestasi pasti membuat orang tua memiliki rasa bangga tersendiri.

Kecerdasan anak tidak hanya didapat dari ilmu pengetahuan yang dipelajarinya di sekolah maupun di rumah. Kecerdasan anak juga bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke tubuhnya lewat makanan. Semakin bernutrisi makanan yang dikonsumsi anak setiap hari, maka hal ini bisa membuatnya semakin cerdas dan fokus saat belajar.

Adapun makanan bernutrisi yang baik untuk menambah kecerdasan otak anak, adalah sebagai berikut.

1. Ikan

Credit: Kumparan

Makanan pertama yang dapat menambah kecerdasan otak anak adalah ikan. Ikan mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik untuk kecerdasan dan kesehatan otak anak. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam ikan juga sangat baik untuk proses tumbuh kembang anak.

2. Telur

Credit: Tribun News

Makanan selanjutnya yang dapat membantu dalam kecerdasan otak anak adalah telur. Telur sendiri merupakan makanan yang kaya akan protein. Bahkan, di dalam kuning telur mengandung kolin yang baik untuk perkembangan otak anak.

3. Sayuran Berwarna

Credit: Hipwee

Selain ikan dan telur, sayuran berwarna seperti tomat, wortel, kubis, labu, dan brokoli juga dapat membantu mencerdaskan otak anak. Sayuran ini mengandung banyak antioksidan dan juga nutrisi yang baik untuk tubuh dan otak.

Selain untuk mencerdaskan otak, sayuran- sayuran ini juga sangat baik dalam meningkatkan tumbuh kembang fisik maupun psikis anak. Dan sayuran ini juga dipercaya dapat mencegah beragam penyakit, salah satunya kanker.

4. Susu atau olahannya

Credit: Hipwee

Susu dan produk olahannya merupakan makanan yang baik untuk kecerdasan otan anak. Susu mengandung protein tinggi, vitamin D, dan vitamin B yang berperan aktif dalam menjaga dan memperbaiki sel- sel dalam otak.

5. Kacang Hijau

Credit: Hello Sehat

Makanan lainnya yang bermanfaat baik untuk fungsi otak anak adalah kacang hijau. Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan thiamin. Kandungan- kandungan tersebut sangat penting bagi kesehatan tubuh khususnya penting bagi otak.

Nah, itulah 5 makanan sehat dan bernutrisi tinggi yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

 

Featured Image - Health Detik