Percaya atau tidak kalau pandemi Covid-19 pun membawa dampak untuk psikologi kamu. Pandemi ini membuat kamu berada di rumah sampai batas waktu yang belum ditentukan. Berita dari berbagai media, sampai status dari pekerjaan bisa buat kamu jadi stress dan emosi tidak terkendali.

Hal ini juga dijelaskan oleh Veronica Adesla. Seorang psikolog di Personal Growth – ia menyatakan kalau emosi yang tidak terkontrol atau tidak bisa dikendalikan saat kamu berada di dalam rumah, bisa muncul karena gesekan atau konflik.

 

 

Dilansir dari CNN Indonesia – Veronica menyarankan untuk menyalurkan emosi negatif itu kepada kegiatan yang positif. Minimal kamu bisa mencoba bernapas dengan teratur. Dari situ kamu akan lebih tenang dan bisa mengambil keputusan dalam kondisi kepala yang dingin.

Masih dari situs yang sama, berikut beberapa cara untuk menjaga emosi saat kamu terus berada di rumah. Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Menggunakan Waktu Dengan Seimbang

Percaya atau tidak, menggunakan waktu yang ada dengan seimbang bisa membantu kamu mengatasi emosi berlebih. Hal ini terkait dengan pengaturan waktu yang seimbang antara bekerja, berolahraga ringan, makan teratur dan tentunya istirahat yang cukup.

Selain itu, terkait dengan saran Veronica di atas – kamu bisa menambahkan kegiatan lain seperti penyaluran hobi. Walau sebentar-sebentar saja, tapi kegiatan positif itu dan pengaturan waktu dengan seimbang bisa lho bantu kamu jaga emosi dengan baik.

 

Selain Hobi, Ini Kegiatan Menyenangkan Lainnya

Jika kamu bertanya apakah ada kegiatan positif lainnya selain menyalurkan hobi – tentu ada, lho. Veronica bahkan menyarankan atau merekomendasikan kegiatan seperti meditasi, relaksasi, bermain musik, menyanyi sampai berolahraga bersama.

Kegiatan positif ini, menurut Veronica bisa membuat tubuh merasa bahagia sehingga mampu mencegah munculnya emosi negatif.

 

Manfaatkan Teknologi Untuk Berkomunikasi

Walaupun kamu sekarang ini terus berada di rumah – kamu mesti memanfaatkan teknologi untuk terus bisa berkomunikasi dengan orang lain selain orang di rumah. Kamu bisa gunakan fitur video call untuk menyapa teman, sahabat, sanak saudara – bahkan teman kantor.

 

Batasi Konsumsi Berita

Percaya atau tidak – walau terbaca sedikit ingin membatasi mu dari berita-berita yang ada di media di luar sana, tapi percayalah pembatasan ini akan membuat emosi kamu lebih baik. Mengonsumsi banyak berita tanpa dipilih bisa membuat mu over thinking dan akhirnya tercipta emosi negatif.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih berita mana yang membangun dan berita mana yang sekiranya akan membuat kamu malah mempunyai rasa cemas yang berlebih. Lebih baik kamu batasi konsumsi beritanya sekarang.

 

Konsumsi Humor

Nah yang satu ini perlu kamu ingat nih – cukup menyenangkan jika kamu bisa tertawa karena humor yang ada. Oleh karena itu, kamu bisa cari humor yang bisa memicu tertawa. Ini akan berdampak baik lho untuk kesehatan mental.

Hal ini terkait bahwa humor yang sehat bisa menyalurkan emosi negatif menjadi emosi positif.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya beberapa cara untuk mengurangi rasa stress kamu di rumah. Jangan sampai stress karena tentu akan berdampak buruk untuk kesehatan mental kamu!

 

Feature Image – drydenwire.com