Saat ini pemerintah sudah mengeluarkan larangan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan mudik saat pandemi Covid-19. Langkah ini diambil untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran virus corona ke berbagai wilayah di Indonesia, terutama ke wilayah yang akses fasilitas kesehatannya masih terbatas.

Lalu, apa yang dikhawatirkan jika masyarakat masih nekat melakukan mudik lebaran tahun ini? Dan apa alternatif yang bisa diambil agar silahturahmi tetap terjaga meskipun tidak bisa mudik atau berkumpul dengan keluarga selama puasa hingga lebaran? Simak ulasannya berikut ini, ya.

Hal yang Dikhawatirkan Terjadi Jika Kamu Mudik Saat Pandemi Covid-19

Credit: ramadan.tempo.co

Mudik merupakan salah satu tradisi di bulan puasa yang lekat dengan masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, banyak orang pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Namun sayangnya, lebaran tahun ini akan jauh berbeda dengan tahun- tahun sebelumnya. Aktivitas mudik yang dilakukan selama pandemi Covid-19 justru berpotensi membawa dampak buruk bagi diri sendiri dan keluarga.

Covid-19 merupakan virus yang menular dengan sangat cepat. Ketika mudik, kamu akan bertemu atau melakukan kontak dengan ribuan orang selama di perjalanan. Jumlah orang yang berdekatan denganmu tentu akan lebih banyak lagi, jika kamu menggunakan transportasi umum, seperti kereta api, kapal laut, bus, atau pesawat terbang.

Ketika kamu mudik, terutama dengan transportasi publik, kamu tidak bisa mengetahui siapa yang positif Covid-19 dan yang tidak. Bahkan, pasien yang sudah positif pun bisa tidak sadar bahwa dirinya sudah terinfeksi Covid-19, karena bisa jadi ia tidak menunjukkan gejala.

Tak hanya karena berada di tengah kerumunan, kamu juga bisa tertular Covid-19 jika menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus, kemudian menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Ini karena virus corona dapat menempel pada benda- benda, termasuk fasilitas umum yang kamu temui selama perjalanan.

Jadi, apabila seseorang tertular Covid-19 saat mudik, orang tersebut dapat menyebarkan virus tersebut ke belasan hingga ratusan orang lainnya. Tanpa sadar, mereka sudah membawa virus ini ke kampung halamannya. Sementara, di kampung halaman, ada banyak orang yang berisiko terinfeksi, termasuk orangtua, sanak saudara, serta warga lainnya.

Masih Bisa Silahturahmi Tanpa Harus Mudik

Credit: heraldscotland.com

Kata siapa kamu tidak bisa melakukan silaturahmi meskipun tidak dapat bertemu secara fisik selama pandemic Covid-19? Kamu bisa melakukannya secara virtual. Kamu dapat memanfaatkan aplikasi video call yang sudah banyak tersedia.

Ajak keluargamu yang ada di rumah untuk menghubungi keluargamu yang ada di kampung halaman. Jika sekedar mengobrol saja terkesan membosankan, kamu juga dapat video call sembari memasak santapan lebaran, sambil makan siang, atau melakukan kegiatan lainnya. Tunjukkan keadaan rumahmu dan minta keluargamu yang berada di kampung halaman untuk melakukan hal yang sama.

Kalau mau lebih kreatif, kamu bisa membuat sesuatu atau belikan oleh- oleh khas dari kota tempat tinggalmu, dan kirimkan ke kampung halaman sebagai pengganti karena lebaran tahun ini kamu tidak bisa pulang.

Melakukan silaturahmi secara virtual tentunya tidak akan mengurangi pesan sayang kamu kepada keluarga.

Meski Di Rumah Saja, Tetap Jaga Kesehatan dan Kebersihan ya!

Credit: hellosehat.com

Walaupun kamu tidak mudik tahun ini dan memilih untuk di rumah saja, tapi kamu harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah tertular Covid-19. Berikut ini hal yang bisa kamu lakukan:

Pola Hidup Sehat

Kunci utamanya adalah menerapkan pola hidup sehat, agar tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh terjaga. Konsumsi makanan bergizi dengan menu seimbang dan lengkapi asupan dengan buah serta sayur. Lalu, lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, penuhi kebutuhan cairan tubuh, istirahat yang cukup, dan lengkapi dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari saat sahur dan berbuka puasa.

Kamu bisa minum Enervon-C yang mengandung vitamin  C dan vitamin B Kompleks. Kombinasi kedua vitamin ini dapat menjaga tubuhmu tetap sehat dan kandungan vitamin B Kompleksnya dapat membantu proses metabolisme makanan untuk menghasilkan energi yang lebih tahan lama agar puasamu lancar.

Cuci Tangan

Cuci tanganmu secara rutin dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku kamu bersih dari kotoran dan kuman. Cuci tanganmu setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, setelah bersin atau batuk, dan sebelum menyentuh wajah termasuk mata, hidung, dan mulut.

Jaga Kebersihan Rumah

Virus corona dapat menempel dan bertahan di permukaan benda. Oleh karena itu, bersihkan benda- benda di rumah, terutama yang sering disentuh seperti smartphone, gagang pintu, meja, kursi, remote tv, dan benda lainya secara rutin dengan menggunakan cairan disinfektan.

Setelah membersihkan benda- benda yang ada di rumah, cuci tangan dengan air dan sabun.

Terapkan Physical Distancing

Terapkan physical distancing selama masa pandemic Covid-19, dengan usahakan untuk melakukan berbagai kegiatan di rumah, seperti bekerja, belajar, atau berolahraga. Hindari keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Dan jika harus berpergian, jaga jarak sejauh minimal 1,5 meter antar individu, gunakan masker, tidak menyentuh benda- benda, dan segera bersihkan diri setelah sampai rumah.

 

Featured Image - beritagar.id