Pekerjaan kantor yang menumpuk bisa membuat tubuhmu menjadi lebih mudah lelah dan rentan terkena penyakit. Tanpa kamu sadari, kebiasaan buruk kamu di tempat kerja seringkali dapat membuat kamu jatuh sakit. Ada beberapa kebiasaan para pekerja yang seringkali dilakukan dan dianggap sepele. Padahal kebiasaan ini dapat membuat tubuhmu menjadi lebih rentan sakit lho!

Berikut kebiasaan yang perlu kamu perhatikan:

1. Duduk membungkuk

Credit: Woman Talk

Sebagian pekerja pasti banyak menghabiskan waktunya untuk duduk di kursi sambil mengerjakan tugas yang menumpuk. Ternyata kebiasaan yang kita anggap normal ini bisa menjadi salah satu penyebab kamu jatuh sakit. Terutama ketika kamu duduk dalam keadaan membungkuk. Keadaan ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan dan dapat menimbulkan masalah pada tulang belakang.

2. Terlalu sering minum kopi

Credit: Jawa Pos

Kebiasaan minum kopi di kantor ternyata juga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih mudah sakit. Yang awalnya meminum kopi untuk mengusir kantuk atau menambah semangat, tetapi malah membuat asam lambung naik, mengalami insomnia, merasa gelisah, hingga jantung berdebar lebih cepat.

3. Masuk kerja ketika sakit

Credit: Hipwee

Kebanyakan pekerja ingin segera menyelesaikan pekerjaannya, dan sering memaksa masuk kerja walaupun sedang sakit. Hal ini sering dianggap sepele dan dapat membuat kondisi kesehatan malah semakin memburuk

Jika kamu sudah mulai tidak enak badan, ada baiknya kamu izin untuk tidak masuk kerja. Kalau tetap dipaksakan masuk, kemungkinan kamu akan sembuh dalam waktu yang lebih lama dan pekerjaan akan terganggu. Namun, jika kamu terpaksa harus tetap masuk karena pekerjaan yang banyak, kamu bisa mencicil dengan membawa pekerjaan ke rumah untuk bisa diselesaikan.

4. Menatap layar komputer

Credit: Liputan 6

Sebagian dari kamu pasti tahu akan bahaya menatap komputer dalam waktu yang lama. Hal ini dapat membahayakan kesehatan tubuh, terutama gangguan kesehatan pada mata.

Komputer dalam keadaan menyala akan memancarkan sinar radiasi yang dapat membuat mata cepat lelah, mata merah, perih, dan berair. Bahkan, sinar radiasi ini dapat mengakibatkan gangguan serius untuk mata, seperti mata minus.

5. Terpapar AC

Credit: Jawa Pos

Bagi sebagian orang bekerja di dalam ruangan ber-AC dianggap lebih nyaman. Tetapi, terlalu sering berada di ruangan ber-AC bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Paparan AC akan membuat kulitmu menjadi lebih kusam, kering, dan membuat mata jadi kering. Selain itu, dinginnya AC bisa membuatmu merasa cepat lelah dan sakit kepala, sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh.

 

Featured Image - Merdeka