Walau bulan Ramadhan ini cukup berbeda dari bulan Ramadhan tahun sebelumnya terkait dengan pandemi Covid-19, bukan berarti si kecil yang berada di rumah tidak diajarkan untuk berpuasa, kan? Kamu bisa terus mengajarkan dan mendampingi mereka untuk bisa berpuasa, lho.

Jika sudah dibiasakan dari kecil, tentu sang anak nantinya akan lebih mudah untuk terus selalu menjalankan atau menunaikan ibadah puasa sebagai kewajibannya jika nanti sudah dewasa. Oleh karena itu, sekarang ini si kecil butuh dampingan kamu, nih.

 

 

Terkait dengan pengenalan si kecil dengan ibadah puasa, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Tentu hal ini terkait dengan kesehatan si kecil saat berusaha berpuasa di bulan Ramadhan ini. Penasaran apa saja hal yang mesti kamu perhatikan? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

5 Hal yang Bisa Kamu Perhatikan Untuk Jaga Kesehatan si Kecil Saat Berpuasa

credit: diadona.id

 

Izinkan Untuk Main di Luar

Bukan berarti di luar rumah sekali, ya. Terkait dengan pandemi yang masih berlangsung di Indonesia ini, kamu dan keluarga sebaiknya tetap berada di lingkungan rumah dulu. Untuk si kecil, biarkan dia main di halaman rumah.

Berada di dalam rumah terus tentu membuat si kecil cepat suntuk, terlebih jika mereka sedang dalam keadaan berpuasa. Kamu bisa lho damping sebentar untuk mereka agar bisa main di halaman rumah. Bahkan, kamu bisa ajarkan hal lain di halaman rumah, misalnya seperti berkebun.

 

Perhatikan Jam Tidurnya

Setelah berbuka puasa, tentu tubuh seperti mendapatkan energi lagi untuk beraktivitas. Apalagi untuk si kecil, pasti ia merasa seperti tidak lelah dan siap untuk bermain sampai malam. Nah, hal ini yang mesti kamu jaga ya.

Walau si kecil bersikeras untuk ingin main karena tubuhnya seperti terasa berenergi lagi, tapi usahakan ia tetap tidur dan beristirahat pada jam dan waktu yang sudah ditentukan. Ajarkan untuk istirahat karena pagi-pagi nantinya mesti bangun untuk sahur.

Jika teratur melakukan seperti ini, tentu si kecil nanti akan disiplin untuk bisa melakukan sahur. Lagipula, tidur yang cukup akan membuat tubuh si kecil mempunyai daya tahan tubuh yang baik, lho. Sehingga kuat untuk menangkal hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Jangan Lupa Cuci Tangan

Terkait dengan hal pertama yang mengizinkan mereka untuk main dan tetap bisa beraktivitas di luar rumah seperti di halaman, kamu tetap mesti ajarkan untuk selalu cuci tangan dengan sabun. Terkait dengan pandemi seperti ini, cuci tangan dengan sabun adalah salah satu langkah yang cukup efektif untuk menekan infeksi Covid-19!

 

Berikan Asupan Bernutrisi

Jangan lupa untuk siapkan asupan yang bernutrisi untuk si kecil. Karena sudah belajar berpuasa, kamu bisa siapkan makanan dan minuman di sahur yang bernutrisi cukup agar si kecil tidak mudah cepat lapar karena aktivitasnya yang banyak.

Dengan mengonsumsi asupan yang bernutrisi – tubuh si kecil juga akan mempunyai daya tahan yang baik sehingga bisa terhindar dari infeksi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Berikan Multivitamin Seperti Enervon C Plus Syrup

Untuk melengkapi nutrisi si kecil, kamu bisa memberikannya Enervon C Plus Syrup. Memiliki kandungan vitamin yang lengkap untuk anak seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacniamide dan Panthenol, si kecil bisa tetap aktif di masa pertumbuhannya ini!

Enervon C Plus Syrup juga bisa membantu si kecil agar memiliki nafsu makan yang besar, membantu si kecil dalam pembentukan tulang serta giginya dan yang pasti tentu bisa membantu si kecil memiliki daya tahan tubuh yang optimal agar tidak gampang sakit!

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya? Dari kelima hal di atas, bisa kamu terapkan untuk si kecil agar berpuasanya sukses di bulan Ramadhan kali ini!

 

Feature Image – prosehat.com