Ramadhan tahun ini memang terasa berbeda. Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah, hal ini tak terkecuali buka puasa dan sholat tarawih.

Tak hanya aktivitas, namun pandemi Covid-19 juga menyebabkan menurunnya kegiatan bisnis dan perekonomian, sehingga keadaan finansial pun menjadi kurang stabil. Hal ini tentu mengharuskan kita untuk lebih mengontrol keuangan.

Berikut ini lima tips bijak merencanakan keuangan selama puasa di tengah pandemi Covid-19 yang dapat kamu terapkan.

Credit: lifepal.co.id

Ketahui Kondisi Finansial

Situasi pandemi ini tentu dapat mengubah kondisi finansial kita. Coba cek, apakah saat ini keadaan finansialmu lebih besar pengeluaran daripada penghasilan. Kamu harus mengetahui kondisi keuangan tiga bulan ke depan. Apakah sumber pendapatan memungkinkan tetap stabil dan aman? Berapa jumlah tabungan dan cicilanmu? Dan cek, seberapa sehatkah kondisi keuanganmu?

Dengan mengetahui kondisi finansial, kamu dapat membuat rencana keuangan. Disiplinkan diri untuk mengontrol dan mengatur keuangan. Atau kamu juga bisa menggunakan anggaran dana belanja atau bukber untuk hal yang lebih bermanfaat.

Buat Budget Bulanan

Atur budget bulanan dengan membuat daftar pengeluaran rutin. Alokasikan pengeluaran jadi tiga kategori. Yang pertama, kebutuhan utama seperti makanan dan pengeluaran rumah tangga (listrik, gas, air, internet). Lalu, alokasikan 5% hingga 10% untuk dana darurat. Pilih dana darurat dalam bentuk tabungan, deposito, emas, dan Reksa Dana Pasar Uang. Karena lebih mudah di akses, cukup likuid, dan aman.

Kebutuhan kedua seperti pelengkap sebesar 5%, seperti jajan takjil, kopi, atau delivery makanan. Kebutuhan ketiga yang bersifat hiburan seperti belanja, dialokasikan sebesar 5%.

Dengan membuat budget, ini dapat membantumu menentukan hal mana yang harus jadi prioritas. Dan jika kebutuhan utama sudah terpenuhi, baru kamu boleh jajan atau belanja. Usahakan agar ketiga kebutuhan ini tak melampaui dari 30% total pengeluaran bulanan.

Catat Jumlah Pengeluaran

Disiplinkan diri sendiri untuk selalu mencatat pengeluaran. Dengan begitu, kamu dapat memantau berapa jumlah uang yang sudah kamu habiskan dan berapa sisa jatah budget kamu.

Usahakan untuk melakukan review terhadap semua pengeluaranmu, setidaknya satu kali dalam seminggu. Dan jika kamu sukses mengurangi pengeluaran, kamu bisa memberikan reward untuk dirimu sendiri.

Credit: lifepal.co.id

Gunakan THR untuk Keperluan Jangka Panjang

THR bukanlah bonus yang bisa langsung dihabiskan untuk memenuhi keinginanmu. Gunakan THR dengan bijak. Prioritaskan THR untuk membayar hutang, disimpan untuk dana darurat, investasi dan asuransi. Kamu dapat menggunakan THR untuk mewujudkan financial goal yang bermakna bagi hidupmu. Seperti, mulai mengalokasikan sebagian dana untuk dana DP rumah, dana pensiun, atau dana haji.

Keluarkan Uang dengan Bijak

Di bulan puasa ini, tak sedikit godaan diskon dan tawaran spesial promo yang sebaiknya kamu tahan terlebih dahulu. Utamakan kewajiban seperti membayar zakat fitrah untukmu dan keluarga. Dan jika ada dana lebih, berikan bantuan bagi saudara yang membutuhkan.

Merencanakan kegiatan selama Ramadhan di tengah Pandemi ini sangatlah penting. Disini disiplin diri dan komitmen untuk mengontrol finansialmu teruji. Jadi, cobalah untuk bersabar dan ikhlas dalam menghadapi keadaan sekarang ini.

 

Featured Image - woop.id

Source - fimela.com