Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Selain menerapkan kebijakan physical distancing dan juga PSBB, saat ini, pemerintah sudah membuat target agar kasus Covid-19 di Indonesia dapat menurun pada bulan Juni, sehingga di bulan berikutnya kondisi sudah dapat kembali seperti biasanya.

Sebuah studi yang dilakukan di Singapore University of Technology and Design juga memprediksi bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia kemungkinan besar akan berakhir pada 6 Juni mendatang. Sementara itu, secara global pandemi corona diperkirakan akan selesai pada akhir tahun yaitu di bulan Desember 2020.

Credit: thailandmedical.news

Menurut informasi yang disampaikan oleh  Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, ada 3 syarat yang harus dilakukan agar Indonesia dapat bebas Covid-19 di bulan Juli, yaitu:

Melakukan Tes Masif

Sekarang, di Indonesia, terdapat 46 laboratorium yang sudah beroperasi melakukan tes Covid-19. Saat ini, spesimen yang sudah diperiksa mencapai 75.157 dari 59.409 pasien. Dan pemeriksaan ini akan terus berlangsung.

Pelacakan Agresif

Dikutip dari Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19), pelacakan kontak umumnya mencakup 3 komponen utama, yaitu identifikasi kontak, pencatatan detail kontak, dan tindak lanjut kontak. Dari hasil pelacakan yang dilakukan sampai saat ini, sudah didapatkan 210.999 orang dalam pemantauan atau ODP, dan 19.987 pasien sudah dalam penanganan (PDP).

Isolasi Ketat

Seseorang yang berisiko maupun sudah terinfeksi Covid-19, wajib melakukan isolasi, baik secara mandiri di rumah, maupun di rumah sakit. Terikait interaksi sosial, sejumlah daerah juga sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain itu, larangan mudik menjelang perayaan Idul Fitri tahun 2020 juga sudah diterapkan.

Saat ini, masyarakat diminta untuk dapat mematuhi dan lebih disiplin dalam menjalani kebijakan yang ada. Agar di bulan Juni, kasus Covid-19 di Indonesia sudah bisa menurun, sehingga diharapkan bulan Juli seluruh warga sudah dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Featured Image - crainsdetroit.com

Source - detik.com