Selama masa pandemi Covid-19, berbagai aktivitas yang biasa dilakukan sehari- hari jadi terbatas, termasuk sekolah yang dilburkan sementara waktu dan anak- anak diminta untuk belajar online di rumah.

Setelah selesai belajar, anak- anak masih sering meminta untuk bermain di luar, atau bahkan malah jadi ketagihan menggunakan gadget karena dapat mengakses internet untuk menonton video favorit mereka.

Menurut riset yang dilakukan oleh UNICEF pada tahun 2019, sebanyak 90,7% di antara anak dan remaja yang menggunakan smartphone mendapat akses internet yang digunakan untuk membuka media sosial, game online, atau menonton film streaming.

Dari data tersebut juga menunjukkan Bahwa anak- anak dan remaja menghabiskan lima jam dalam sehari untuk mengakses internet saat bukan hari libur, dan tujuh jam sehari pada hari libur. Angka ini diyakini akan meningkat saat pandemi, yang mengharuskan anak- anak berada di dalam rumah saja.

Agar anak tidak berlebihan menggunakan gadget selama belajar di rumah, berikut ini 5 tips yang dapat kamu terapkan:

Aktifkan Fitur Kontrol

Credit: suara.com

Orang tua sebaiknya memasang dan mengaktifkan mode ‘kontrol’  orang tua pada smartphone sebelum digunakan oleh si kecil. Fitur ini dapat membatasi hal- hal atau konten yang boleh diakses oleh anak selama ia menggunakan gadget. Dengan mengaktifkan fitur ini, orang tua dapat memantau apa saja yang diakses oleh anak dari gadgetnya.

Hindari Memberi Gadget

Credit: cyberthreat.id

Hindari memberikan gadget pada anak secara pribadi, namun pinjamkan saja dengan persyaratan atau perjanjian yang sudah disepakati. Misalnya, jika nanti ada sesuatu hal yang terjadi, gadget akan diambil kembali. Dengan begitu, orang tua masih memiliki kesempatan untuk memeriksa gadget milik anak.

Pantau Anak

Credit: lifestyle.okezone.com

Usahakan untuk selalu memantau aktivitas yang dilakukan anak di gadget dengan memeriksa history ataupun percakapan anak di media sosial. Jika ada yang mencurigakan, kamu dapat memberikan nasihat dan masukan pada anak dengan baik.

Batasi Penggunaan Gadget

Credit: joss.co.id

Penelitian menyebut bahwa penggunaan gadget pada anak maksimal 4 jam 17 menit setiap harinya. Bahkan, disarankan agar anak hanya diizinkan untuk menggunakan gadget di siang hari saja. Lalu, orang tua dapat menerapkan waktu tanpa gadget pukul 6-9 malam.

Agar anak tak ketergantungan gadget, berikan ia kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti kursus yang disesuaikan dengan minat anak.

Usahakan Tidak Menggunakan Gadget di Kamar Tidur

Credit: inet.detik.com

Usahakan agar anak tidak menggunakan gadgetnya di kamar tidur mereka, karena hal ini membuat orang tua lebih sulit untuk memantau aktivitas yang dilakukan oleh anak.

Atau orang tua dapat meletakkan komputer, laptop, atau tablet yang diberikan pada anak menghadap ke luar ruangan, sehingga aktivitas anak dapat terlihat.

 

Nah, itulah kelima tips yang dapat kamu terapkan agar si kecil tidak ketergantungan gadget dan internet selama dia belajar di rumah. Untuk mengalihkan anak dari gadget, kamu bisa mengajaknya melakukan berbagai kegiatan seru dan menarik, seperti mengajaknya memasak bersama untuk buka puasa, meminta bantuan anak saat membereskan rumah, membuat prakarya, membaca buku, atau mengajaknya untuk berolahraga bersama. 

 

Featured Image - technologynewsntrends.com

Source - cnnindonesia.com