Sistem kerja dari rumah atau work from home memang membuat kamu tidak perlu ke mana-mana untuk menyelesaikan pekerjan kantor. Tapi tentu ada berbagai perbedaan yang terjadi nih. Seperti fasilitas dan hal terkait lainnya.

Jika di kantor, meja kerja dan kursi yang kamu gunakan tentu sudah diperhitungkan untuk bisa menjaga postur tubuh walau semisalnya duduk sepanjang hari mengerjakan pekerjaan kantor yang banyak. Untuk WFH, ini belum tentu bisa.

 

 

Jumlah pekerjaan yang sama saja seperti berada di kantor, tapi fasilitas tidak sama. Oleh karena itu, bisa saja postur tubuh kamu terpengaruh nih selama WFH. Untuk itu, ada beberapa cara agar postur tubuh kamu tidak cenderung berubah ke kondisi yang tidak baik.

Penasaran apa saja cara-caranya? Sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana saja cara untuk menjaga postur tubuh kamu tetap di kondisi yang sehat.

 

Menyiapkan Ruangan Kerja Sendiri

WFH yang berkepanjangan ini membuat kamu sepertinya perlu menyiapkan ruangan kerja sendiri agar lebih nyaman dalam menyelesaikan pekerjaan kantor yang ada. Tidak perlu besar sih, terserah dalam bentuk ruangan atau tidak, yang pasti kamu tidak terganggu di sudut tersebut.

Hindari sofa dan tempat tidur, ya. Biasanya kamu bisa berakhir bekerja sembari tiduran dan ini tidak baik untuk postur tubuh kamu. Nantinya akan ditandai dengan nyeri pegal di punggung, kepala belakang sampai siku tangan yang menahan tubuh saat kamu bekerja di depan laptop dengan posisi tiduran.

 

Pakai Kursi yang Tepat

Minimal kursi yang kamu gunakan bisa mendukung tinggi tubuh kamu saat duduk di depan meja rumah untuk WFH tersebut. Pastikan posisi punggung, dan tangan yang kamu rasakan bisa terus nyaman. Kalau ada, kursinya yang ada sandaran, ya.

Hal ini bisa membuat kamu bisa bersandar sejenak jika sudah terasa letih. Jika sandarannya kurang mumpuni, kamu bisa ganjal bagian punggung atau pinggang kamu dengan bantal sehingga rasanya bisa lebih nyaman saat bersandar.

 

Posisi Layar Komputer

Tidak terlalu menunduk, dan tidak juga terlalu tinggi – usahakan layar komputer atau laptop yang kamu gunakan untuk WFH ini mempunyai posisi yang sejajar dengan mata untuk layarnya. Jadi hal ini bisa menghindarkan kamu dari rasa mata yang pegal karena posisi yang tidak nyaman.

Dilansir dari CNN Indonesia – posisikan layar laptop dengan jarak minimal 30 cm ke mata untuk menghindari rasa pegal atau mata berair karena terlalu lama menatap layar laptop tersebut.

 

Meja Tinggi Buat Berdiri

Siapa bilang nih bekerja di rumah Cuma duduk saja? Kamu bisa lho menggunakan meja yang tinggi sehingga kamu bisa berdiri saja untuk mengerjakan pekerjaannya. Untuk selingan saja, sih. Lagipula mengganti posisi meja bisa membuat kamu terfokus lagi nantinya.

 

Lakukan Peregangan Setiap 1 Jam

Jika tubuh terasa pegal dan nyeri di beberapa bagian, lakukanlah peregangan. Bisa setiap satu jam sekali kamu melakukan peregangan tersebut. Peregangan itu bisa seperti menahan tangan, punggung serta berjalan di sekitaran rumah sampai tubuh terasa rileks lagi.

 

 

Jangan dipaksakan jika sudah terasa sakit ya. Itu tandanya kamu mesti beristirahat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Feature Image – glints.com