Traveling ke kota atau negara lain selalu jadi pengalaman yang menyenangkan. Selain untuk berlibur, pergi traveling juga membuat kamu memiliki kesempatan untuk belajar mandiri sekaligus mengenal kebudayaan, teman- teman, dan pengalaman baru.

Walaupun menyenangkan, yang namanya traveling tetap membutuhkan persiapan yang matang bahkan sampai urusan yang kecil. Berikut ini sembilan barang yang wajib kamu bawa saat traveling.

1. Dokumen perjalanan

Credit: Jawa Pos

Tiket, paspor, visa, dan beberapa dokumen perjalanan menjadi barang pertama yang wajib kamu bawa selama traveling. Agar lebih praktis, tempatkan dokumen perjalanan dalam satu tempat khusus dalam tas atau koper.

Sebaiknya, kamu juga menyiapkan fotokopi paspor dan visa asli atau kamu juga menyimpan fotokopi visa dan paspor tersebut di email agar bisa diakses kapan saja. Meski terdengar aneh, tapi salinan ini sangat bermanfaat terutama jika kamu mengalami musibah yang membuat paspor dan visa kamu hilang.

2. Pakaian ganti

Credit: Harper's Bazaar Indonesia

Banyak orang biasanya menghabiskan waktu minimal satu minggu untuk traveling. Semakin jauh negara tujuannya, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk traveling.

Agar kamu tidak repot beli baju baru atau terpaksa nggak ganti baju, pastikan kamu sudah membawa pakaian ganti untuk beberapa hari. Mulai dari celana, t-shirt, jaket, kaos kaki, sampai underware, semuanya harus ada di koper.

3. Obat-obatan

Credit: Fox News

Walaupun saat pergi tubuh kamu sedang dalam kondisi sehat, tetapi kamu tetap wajib membawa obat- obatan dalam koper terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu atau alergi terhadap sesuatu.

Dengan membawa obat, kamu tidak perlu lagi repot mencari obat yang cocok. Apalagi di negara asing, tidak semua orang mengerti bahasa Inggris dan membuat kamu semakin kesulitan mencari obat yang kamu butuhkan.

4. Perlengkapan mandi

Credit: Liputan 6

Pada umumnya, pihak hotel akan menyediakan perlengkapan mandi disetiap kamar. Tapi tidak ada salahnya kamu membawa perlengkapan mandi sendiri. Kamu cukup membawa sikat gigi, pasta gigi, pencuci muka dan beberapa peralatan mandi lain yang sifatnya pribadi.

5. Charger dan power bank

Credit: Dream.co.id

Alat komunikasi seperti smartphone menjadi barang wajib yang harus kamu bawa terutama saat liburan. Tidak hanya smartphone, saat liburan kamu juga wajib membawa charger dan power bank untuk memastikan agar baterai smartphone tetap penuh.

Smartphone sangat penting fungsinya selama perjalanan. Selain berguna untuk mengabadikan moment selama liburan, smartphone bisa memudahkan akses kamu untuk memesan makanan, mencari informasi seputar rute, dan lokasi tujuan, sampai meminta bantuan jika kamu sedang dalam masalah.

6. Dompet

Credit: IDN Times

Selain dokumen perjalanan, dompet juga jadi barang wajib yang tidak boleh dilupakan. Selain jadi tempat untuk menyimpan semua kartu identitas, dompet juga jadi tempat kamu menyimpan uang.

Melupakan dompet selama traveling sama saja dengan menyiksa diri sendiri karena tanpa dompet kamu tidak akan bisa melakukan apa pun termasuk membeli makanan.

7. Perlengkapan tidur

Credit: Hipwee

Setiap orang punya kebiasaan yang berbeda-beda, terutama kebiasaan sebelum tidur yang bisa membuat istirahatmu menjadi nyaman.  Meski kamu menginap di hotel, Apa pun kebiasaan kamu sebelum tidur, pastikan kamu membawa semua barang yang bisa membuat kamu tidur nyenyak.

8. Media hiburan

Credit: Suara

Ketika dalam perjalanan, tidak semua pesawat menyediakan media hiburan kecuali kamu memesan penerbangan kelas satu. Keadaan yang sama juga akan kamu temukan ketika naik transportasi seperti kereta dan bus.

Agar tidak bosan, bawa salah satu barang yang bisa menghibur kamu selama perjalanan. Kamu bisa membawa ipad dan menggunakannya untuk membaca buku, bermain games, dan menonton film untuk menghabiskan waktu.

9. Camilan dan air mineral

Credit: Suara

Selain smartphone dan iPad, kamu juga membutuhkan camilan dan air mineral selama perjalanan untuk menghilangkan rasa bosan dan sebagai pengganjal rasa lapar. Apalagi selama berada di bus, dan kereta kamu enggak akan menemukan penjual makanan dan minuman.

Jadi, untuk menghindari perut keroncongan selama perjalanan lebih baik kamu membawa camilan dan air mineral di dalam tas.

 

Featured Image - Liputan 6