Rasa haus saat berbuka sepertinya sangat menggelora ketika sudah melihat berbagai hidangan di depan mata. Tapi, jangan terburu-buru dan asal menyantapnya, ya. Perlu kamu ketahui, ada beberapa jenis minuman yang sebenarnya kurang baik jika kamu konsumsi saat persis berbuka.

Biasanya rasa nafsu untuk menyantap apapun yang ada di depan mata sangat besar ketika sudah berbuka puasa. Tapi, untuk kesehatan mu, beberapa jenis minuman ini sebaiknya dihindari dulu. Minimal, kamu bisa konsumsi beberapa minuman ini setelah berbuka.

 

 

Sebenarnya minuman apa saja sih yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa? Daripada penasaran dan menebak-nebak sendiri minuman apa saja yang sebaiknya tidak diminum langsung saat buka puasa, lebih baik simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Tips Sehat: 4 Minuman yang Dihindari Saat Buka Puasa

 

Kopi

Buat para coffee snob atau coffee addict yang berpuasa, tidak menerima asupan kafein dari kopi memang rasanya menyulitkan, ya. Tapi bukan berarti saat benar-benar baru berbuka puasa, kamu bisa langsung minum kopi, ya.

Kopi yang punya kafein ternyata mempunyai efek samping jika kamu langsung meminumnya untuk membatalkan puasa. Kondisi perut kosong dan langsung terkena kafein bisa memicu naiknya asam lambung yang begitu signifikan.

Hal ini tentu bisa mengacu kepada munculnya gangguan pencernaan kamu. Oleh karena itu, jika saat pas berbuka puasa, sebaiknya kamu tidak langsung mengonsumsi kopi. Tunggu satu sampai dua jam selanjutnya untuk bisa mengonsumsi minuman tersebut.

 

Soda

Minuman bersoda apalagi disajikan saat dingin tentu jadi khayalan paling enak untuk berbuka puasa. Tapi percaya atau tidak, efek samping yang menunggu kamu cukup bisa bikin kamu kapok nantinya. Soda yang mengandung asam karbonasi, jika langsung dikonsumsi dengan keadaan perut kosong, bisa langsung sakit perut, perut kembung dan mual.

 

Smoothies

Tidak jauh berbeda dengan kopi atau minuman bersoda seperti yang sudah dijelaskan di atas – smoothies mengandung yoghurt yang memiliki bakteri asam laktat yang bisa menaikan asam lambung dengan signifikan.

Sebenarnya smoothies adalah minuman yang menyehatkan mengingat kandungan protein dan seratnya yang tinggi. Namun jika dikonsumsi langsung saat perut masih kosong, nah ini yang bikin kurang baik. Sebaiknya kamu ingat-ingat ya!

 

Jus

Tidak jauh berbeda dari jenis minuman di atas lainnya – jus, apapun jus buahnya sepertinya tidak direkomendasikan buat kamu untuk langsung dikonsumsi saat baru berbuka puasa. Jika langsung dikonsumsi saat perut masih kosong, dikhawatirkan akan terjadi gangguan pencernaan.

Hal ini terkait dengan tingginya kadar fruktosa pada jus yang tidak bisa begitu saja dicerna oleh usus kamu. Jadi, ada baiknya kamu mengonsumsi sesuatu yang lain dulu, barulah bisa mengonsumsi jus kesukaan kamu.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas dengan jenis minuman yang sebaiknya kamu hindari dulu untuk berbuka puasa?

 

Feature Image – suara.com