Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu oleh banyak umat Islam di seluruh dunia. Selain memang mendatangkan banyak berkah, ibadah rutinnya seperti puasa, mempunyai dampak yang positif untuk tubuh.

Apalagi untuk mereka yang sedang menurunkan berat badan, berpuasa adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk mendapatkan angka berat badan yang ideal. Apakah kamu salah satu dari mereka yang berharap angka timbangan semakin ideal saat setelah berpuasa nanti?

 

 

Penurunan berat badan saat berpuasa bisa dijelaskan secara ilmiah, kok. Hal ini terkait dengan metabolisme tubuh kamu, yang mesti terus memproduksi energi walau tidak ada asupan yang masuk. Alhasil, tentu simpanan lemak dan karbohidrat yang ada di dalam tubuh yang dipakai.

Ini yang membuat beberapa orang merasa berat badannya berkurang saat berpuasa. Namun, bagaimana jika berpuasa malah membuat kamu merasa lebih gemuk? Ada beberapa faktornya, pertama adalah metabolisme mu lambat. Kedua, kamu kalap ingin memakan apa saja ketika sudah berbuka dan sahur – apalagi langsung dibarengi dengan tidur kembali.

Nah untuk mendukung niat kamu yang menginginkan berat badan ideal atau bahkan kamu yang sedang berada dalam kondisi diet, ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Beberapa makanan ini bisa bantu metabolisme tubuh terus optimal.

Penasaran apa saja jenis makanan yang direkomendasikan buat kamu yang sedang diet dan ingin berbuka puasa? Berikut rekomendasinya, ya!

 

Minuman Sehat – Air Mineral

credit: cnnindonesia.com

Teh manis mungkin jadi minuman berbuka yang paling umum di Indonesia, khususnya. Lalu diikuti oleh berbagai jenis es seperti es buah, es sarang burung, es kolak dan sebagainya. Beberapa jenis minuman atau makanan tersebut mengandung gula yang cukup banyak.

Disadari atau tidak, jenis makanan yang mengandung gula cukup banyak sebenarnya tidak begitu disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka. Hal ini mengacu kepada metabolisme tubuh yang tentu akan kaget tiba-tiba mendapatkan asupan gula yang banyak.

Oleh karena itu, air mineral – diiringi oleh jus buah, susu tanpa gula tambahan adalah minuman sehat yang bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa. Bahkan lebih baik tidak dicampur dengan es batu ya untuk mendapatkan sensasi dingin.

 

Buah-buahan – Kurma

credit: food.detik.com

Seperti yang dianjurkan oleh banyak sumber yang mengatakan kalau buah-buahan, khususnya buah kurma adalah buah yang dianjurkan untuk berbuka puasa. Hal ini mengacu kepada kandungan gula alami yang ada di dalam kurma bisa mengembalikan energi untuk tubuh.

 

Berbagai Jenis Sup

credit: kumparan.com

Mungkin ini tidak begitu akrab dengan masyarakat Indonesia – bahwasanya berbagai jenis sup ternyata cocok lho untuk dijadikan menu berbuka puasa. Beberapa negara Timur Tengah punya kebiasaan berbuka dengan semangkuk sup.

Sup dengan kaldu daging atau sayuran yang melimpah, ditambah dengan kacang-kacangan atau biji-bijian menjadi hidangan yang penuh dengan nutrisi serta energi baik untuk tubuh. Oleh karena itu, buat kamu – bisa dicoba, nih!

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas jenis makanan yang bisa kamu konsumsi dengan tenang tanpa khawatir berat badan malah akan menumpuk lagi? Salah satu yang terpenting adalah kamu bisa menguasai diri sendiri untuk menahan nafsu makan jangan berlebihan, ya!

 

Feature Image – kumparan.com