Menjalani ibadah puasa di tengah Pandemi corona merupakan tantangan baru bagi yang menjalaninya. Kesehatan tubuh selama bulan puasa kali ini, harus lebih dijaga agar ibadah tetap lancar.

Meskipun akan berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, kamu tetap bisa lho menjalani puasa dengan hikmat. Nah, terapkan tips- tips berikut ini agar daya tahan tubuh tetap terjaga, tubuh tetap sehat, dan tetap produktif selama puasa di tengah pandemic Covid-19.

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Cairan

Credit: blog.benscrub.com

Saat berpuasa, kamu harus menahan lapar dan haus selama 13 jam. Agar tubuh tidak kekurangan nutrisi dan energi, kamu harus mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka.

Lengkapi menu sahur dan berbukamu dengan makanan yang kaya akan karbohidrat sebagai sumber energi utama tubuh,  protein yang dapat membantumu kenyang lebih lama, makanan dengan kandungan vitamin C seperti jeruk, mangga, stroberi, kiwi, nanas, apel, paprika hijau dan paprika merah. Kemudian, makanan yang kaya akan vitamin  E, seperti kacang almond, kacang tanah, alpukat, dan  ayam.

Lalu, konsumsi makanan yang kaya akan mineral seperi bayam dan lobak, kacang kedelai, buncis, dan kacang merah. Serta serat yang bisa kamu peroleh dari sayur- sayuran.  

Selain makanan, penting bagimu untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Minum air putih minimal 8 gelas sehari, dengan porsi dua gelas saat sahur. Kemudian 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas setelah sholat isya dan atau sebelum tidur.

Hindari makanan yang tidak sehat, seperti fast food, gorengan, makanan tinggi garam dan berlemak, makanan dan minuman tinggi gula, dan minuman yang mengandung kafein.

2. Tetap Berolahraga

Credit: suara.com

Selama puasa bukan berarti kamu skip berolahraga, lho! Meski sedang puasa, kamu harus tetap aktif dan berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga ringan seperti yoga, lompat tali, push up dan squat paling tidak 3-5 dalam seminggu, dengan durasi 15-30 menit. Dan sebaiknya berolahraga di sore hari, minimal 1 jam sebelum jam buka puasa.

3. Istirahat yang Cukup

Credit: hellosehat.com

Selama bulan puasa, tetap usahakan agar waktu istirahatmu tercukupi, ya. Kurangnya waktu tidur atau beristirahat karena begadang, bisa membuat sistem imun menurun dan kamu jadi lebih mudah terkena virus penyebab penyakit, termasuk Covid-19.

Jika di malam hari kamu kurang tidur, kamu bisa menggantinya dengan tidur siang atau tidur lebih awal di malam berikutnya.

4. Silaturahmi Virtual

Credit: thejakartapost.com

Bulan Ramadhan memang identik dengan kegiatan silaturahmi. Kalau biasanya kita sering berkumpul dengan teman atau saudara saat berbuka puasa, kali ini kamu sebaiknya menunda kegiatan tersebut dan tetap menerapkan physical distancing untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Kamu bisa memanfaatkan telepon, gadget, dan koneks internet untuk tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga maupun teman. Esensi silaturahmi tidak akan berkurang, kok, meskipun hanya melalui telepon atau video call saja.

5. Tunda Keinginan Mudik

Credit: beritagar.id

Saat ini, pemerintah sudah melarang kegiatan mudik lebaran tahun ini. Tujuannya, agar kamu dan keluarga tetap aman, dan terhindar dari penularan virus corona.

Tidak mudik lebaran tahun ini tidak akan mengurangi makna bulan Ramadhan, kok. Memilih tidak mudik justru termasuk hal baik, karena melindungi keluarga dan orang lain dari risiko terinfeksi Covid-19.

Selain menerapkan tips- tips di atas, agar puasa lancar dan tubuh tetap sehat, konsumsi multivitamin Enervon-C dua kali sehari, saat sahur dan berbuka ya! Enervon-C mengandung vitamin C yang dapat membantu jaga daya tahan tubuhmu. Dan vitamin B Kompeks untuk mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas seharian.

Untuk kamu yang memiliki aktivitas padat meskipun sedang work from home, konsumsi Enervon Active dua kali sehari. Kandungan non acidic vitamin C, vitamin B Kompleks, dan Zinc-nya juga dapat membantu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah lelah dan tetap aktif.

 

Selamat berpuasa!

 

Featured Image - bincangsyariah.com