Salah satu aktivitas yang tak boleh dilewatkan selama bulan puasa di tengah Pandemi Covid-19, ini adalah olahraga. Rutin berolahraga selama puasa dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga agar tubuh tetap terasa fit dan segar.

Ada berbagai macam olahraga yang dapat kamu lakukan selama bulan puasa, salah satunya adalah plank. Olahraga ini termasuk ringan, dapat dilakukan dalam waktu singkat, serta tidak membutuhkan ruang yang luas untuk melakukannya. Meski terlihat mudah, plank sangat ampuh untuk membakar kalori dan membentuk otot tubuh.

Plank bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, membuat tubuh lebih lentur, melatih keseimbangan tubuh, dan membuat perut jadi lebih kencang. 

Untuk kamu yang tertarik melakukan olahraga plank selama puasa, yuk ketahui apa saja jenis plank  yang bisa kamu lakukan dan berbagai manfaat yang dapat diberikan. Simak ulasannya ya!

Berbagai Jenis Plank

Berikut ini macam- macam plank dan bagaimana cara melakukannya:

Standard Plank

Credit: verywellfit.com

Gerakan plank yang satu ini merupakan yang paling umum dan sederhana. Pertama, letakkan telapak tanganmu rata dengan lantai dan tepat di bawah bahu. Kemudian, angkat tubuh dengan kedua kaki sebagai penyangga. Pastikan tubuhmu berada di posisi lurus, punggung tidak melengkung, dan bokong lebih tinggi. Lalu, posisikan kepala menghadap lantai, tarik perut ke dalam, dan atur napas.

Tahan posisi ini selama 10 detik atau semampunya kamu. Setelah itu, turunkan badan secara perlahan, dan ulangi gerakan.

Elbow Plank

Credit: cashbac.com

Posisi plank yang satu ini sedikit lebih sulit dibanding dengan standard plank, karena kemampuanmu untuk mempertahankan badan tetap dalam posisi lurus benar- benar akan diuji.

Lakukan gerakan standard plank terlebih dahulu, lalu perlahan turunkan badan dan jadikan siku sebagai tumpuan. Pertahankan posisi tubuh yang lurus dengan baju sejajar dengan tumit.

Elbow Plank with Raised Leg

Credit: idntimes.com

Kalau kamu sudah berhasil melakukan elbow plank, maka kamu pasti bisa melakukan gerakan ini dengan mudah! Jenis plank ini merupakan modifikasi dari elbow plank, yaitu dengan mengangkat satu kaki. Pertama, posisikan tubuh sama seperti ketika melakukan elbow plank, lalu perlahan angkat satu kaki kanan atau kiri ke atas, dan tahan dalam batas waktu yang kamu sanggupi.

Selain dengan mengangkat satu kaki, kamu juga dapat menambahkan gerakan single arm plank. Yaitu mengangkat satu tangan dan satu kaki dengan arah yang berlawanan. Misal, ketika kamu mengangkat kaki kiri, berarti tangan yang kamu angkat adalah tangan kanan.

Side Plank

Credit: wellandgood.com

Lakukan gerakan side plank diawali dengan berbaring menghadap ke samping, lalu perlahan naikkan tubuhmu dengan menggunakan tangan. Untuk alternatif, kamu juga dapat menjadikan siku menjadi tumpuan ketika sedang melakukan side plank. Dan jika kamu mampu, kamu dapat mengangkat kaki dan tangan yang berada di posisi atas saat melakukan gerakan ini.

Olahraga plank dapat dilakukan hingga 2 set setiap harinya, dengan durasi setiap set yaitu 30 detik untuk pemula, 60 detik untuk intermediate, dan 90 detik untuk level advance. Atau kamu dapat menyesuaikan waktunya dengan kemampuanmu.  Selama puasa, kamu dapat melakukan olahraga saat 30 menit menjelang buka puasa, atau antara setelah melakukan shalat tarawih dan sebelum tidur.

Selain rutin berolahraga, seperti plank. Enervon-C.

Kandungan vitamin C dan vitamin B Kompleksnya secara optimal dapat membantu jaga daya tahan tubuh, serta meningkatkan proses metabolisme makanan untuk diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Dengan begitu, puasamu akan lancar dan tak terasa lemas seharian.

 

Featured Image - verywellfit.com