Selama puasa, gorengan merupakan makanan yang seringkali dijadikan sebagai takjil, sebelum nantinya menyantap hidangan utama saat berbuka puasa. Gorengan yang biasanya disajikan berupa tempe goreng, tahu isi, bakwan, dan lain sebagainya.

 

Credit: lifestyle.okezone.com

Rasanya yang gurih dan dapat mengganjal perut membuat banyak orang yang menyukainya, bahkan tak cukup rasanya jika hanya makan satu gorengan saja. Sayangnya, kebiasaan ini justru buruk untuk kesehatan, karena dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk jantung dan obesitas. Tentu, kamu tak ingin hal tersebut terjadi kan?

Agar gorengan lebih sehat dan bernutrisi, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu terapkan.

Goreng Dengan Minyak Zaitun

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng. Minyak zaitun kaya akan omega 9, sehingga lebih sehat dibanding jenis minyak lainnya.

Selain itu, minyak zaitun juga lebih stabil pada suhu tinggi. Ini berarti minyak zaitun dapat digunakan lebih lama dan dapat menjaga kualitas serta nutrisi yang ada pada makanan.

Goreng Dengan Minyak Jernih

Salah satu hal yang berbahaya ketika menggoreng makanan adalah menggunakan minyak yang sudah digunakan berulang kali. Minyak bekas seperti ini sudah kehilangan banyak nutrisi, serta dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, obesitas, dan penyakit degeneratif.

Jadi, cobalah untuk menggoreng makanan dengan minyak yang jernih ya!

Tidak Menggunakan Minyak

Agar takjil gorengan jadi lebih sehat, kamu bisa mencoba alternatif dengan menggorengnya tanpa minyak. Sebagai gantinya, kamu bisa memanggang atau menggunakan metode air frying. Kandungan lemak dalam gorengan dapat dikurangi dengan menggunakan kedua metode memasak tersebut.

Credit: thespruceeats.com

Gunakan Tepung Beras atau Tepung Jagung

Sebagian besar dari kamu, ketika membuat gorengan pasti sering menggunakan tepung serbaguna. Namun sayangnya, kandungan gluten di dalam tepung tersebut dapat menyerap banyak minyak, sehingga inilah yang membuat gorengan tak lagi sehat dan bernutrisi.

Sebagai alternatif, kamu dapat membuat adonan gorengan yang terbuat dari tepung beras atau tepung jagung, sehingga lebih sehat.

Tambahkan Baking Soda

Kamu dapat menambahkan baking soda atau campuran air berkarbonasi dalam adonan gorenganmu. Metode ini dapat melepaskan gelembung- gelembung gas makanan saat digoreng nanti, sehingga mengurangi penyerapan minyak dalam makanan.

Suhu Minyak

Jika minyak yang kamu gunakan kurang panas, berarti kamu akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasak. Hal ini tentu dapat menyebabkan gorengan jadi menyerap lebih banyak minyak. Tapi, jika suhu minyak yang digunakan terlalu tinggi, maka gorengan akan lebih mudah gosong dan membuat gorengan jadi tidak sehat.

Oleh karena itu, perhatikan suhu minyak ketika menggoreng. Suhu minyak yang tepat adalah sekitar 150-200 derajat celcius.

Nah, itulah ketujuh tips sehat untuk membuat gorengan takjil jadi lebih sehat dan bernutrisi. Coba terapkan tips- tips di atas ya, agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga, terutama di bulan puasa ini! Selamat mencoba.

 

Featured Image - klikdokter.com