Salah satu sektor yang merasakan dampak yang luar biasa dari pandemi Covid-19 adalah sektor ekonomi. Sudah cukup banyak berita di luar sana yang menunjukan sejumlah data pegawai kantoran yang di rumahkan.

Tidak hanya pegawai kantoran saja, para pekerja dari sektor non-formal seperti freelancer atau para pekerja lepas, para pengusaha kecil dan menengah – jelas merasaka dampak yang luar biasa dari pandemi virus corona ini.

 

 

Untuk menghindari keuangan yang bermasalah terkait dengan pandemi Covid-19 ini, kamu yang berasal dari pekerjaan sektor non-formal, sepertinya memerlukan pengaturan keuangan yang baru, dan sesuai dengan keadaan sekarang ini.

Agar keuangan kamu tetap stabil di tengah pandemi seperti ini, berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu mengatur ulang kondisi keuangan kamu. Untuk selengkapnya, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Rekapitulasi Jumlah Penghasilan

Pekerja dari sektor non-formal biasanya tidak seperti pegawai kantoran yang jumlah uangnya sudah pasti besarannya tiap bulan. Pekerja dari sektor non-formal mempunyai penghasilan yang tidak menentu jumlahnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan evaluasi atau rekapitulasi jumlah penghasilan kamu secara berkala. Rekap jumlah ini terkait dengan pengeluaran bulanan dan kebutuhan yang kamu perlukan. Jika jumlah pengeluaran masih masuk akal dari penghasilan, berarti kamu masih aman, nih.

Yang jelas – selain itu, kamu mesti menyiapkan dana darurat yang bisa digunakan hanya kalau kamu berada di dalam keadaan yang mendesak nih. Jika ditelisik lagi, dana darurat ini bisa jadi tabungan kamu yang lain, lho.

 

Punya Prioritas Pengeluaran

Di dalam masa pandemi Covid-19 yang cukup sulit ini karena perekonomian melambat, kamu mesti punya prioritas pengeluaran, lho. Artinya kamu tahu barang apa saja yang mesti kamu beli sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Jika barang tersebut tidak terlalu kamu butuhkan, lebih baik uangnya disimpan untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Jika nanti perekonomian sudah kembali berjalan lancar dan keuangan kamu sudah kembali stabil, barulah kamu bisa memikirkan kebutuhan sekunder dan tersier.

 

Skill Baru = Penghasilan Tambahan

Jangan ragu untuk mencoba belajar hal-hal baru karena bisa jadi itu kan jadi sumber penghasilan tambahan kamu nih. Misalnya, di saat pandemi seperti ini – kamu mesti berada di rumah dulu. Agar lebih produktif, kamu bisa lho belajar berkebun.

Dari kebun yang kamu pelajari dan tanami – jika menghasilkan, kamu bisa coba jual hasilnya dan itu bisa jadi penghasilan tambahan. Berkebun di tengah kota sedang jadi tren yang digandrungi banyak kalangan, lho. Terutama anak muda!

Tidak hanya sebatas belajar berkebun saja, lho – banyak sekali hal-hal baru yang bisa kamu pelajari selama berada di rumah. Dari banyak hal itu, ada kemungkinan ada yang bisa jadi sumber penghasilan tambahan karena hal tersebut adalah peluang bisnis yang menguntungkan.

 

 

Nah bagaimana nih? Sudah cukup jelas bagaimana untuk mengatur keuangan kamu di tengah pandemi seperti ini? Bisa langsung kamu terapkan, ya!

 

Feature Image – cashcashpro.id