Salah satu hikmah yang bisa kamu ambil dari pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini adalah waktu yang melimpah untuk bersama keluarga, terutama waktu bersama dengan si kecil. Bertepatan dengan bulan Ramadhan dan ibadah puasa, pasti bulan ini kamu punya cerita yang beda dari Ramadhan sebelumnya.

Bicara soal ibadah puasa, tentu si kecil tidak begitu akrab dengan ibadah yang satu ini. Berpuasa mungkin menurut mereka membosankan karena tidak bisa makan dan minum di waktu-waktu normal. Oleh karena itu, ini jadi kesempatan kamu untuk mengajarinya, nih!

Seperti di bawah ini – setidaknya ada lima kegiatan positif yang bisa membuat si kecil tetap produktif selama bulan Ramadhan dan pandemi Covid-19 ini. Oh iya, memiliki banyak aktivitas bisa membuat sistem imun dan daya tahan tubuh kuat, lho.

 

 

Apalagi untuk si kecil – kamu bisa bantu berikan ia Enervon-C plus sirup saat berbuka atau sahur, supaya daya tahan tubuh si kecil semakin optimal dan sehat terus. Terkait dengan kegiatan positif, berikut lima kegiatan positif yang bisa kamu lakukan dengan si kecil!

 

5 Kegiatan Positif Untuk si Kecil!

 

Merancang Menu dan Masak Bersama

Percaya atau tidak, si kecil akan merasa dihargai sekali jika dimintai pendapat. Bahkan mereka biasanya punya pendapat-pendapat yang luar biasa. Oleh karena itu, kamu bisa nih meminta mereka untuk berdiskusi soal menu berbuka puasa dan sahur nantinya.

Kalau perlu, saat menjelang berbuka – si kecil ajak untuk memasak bersama. Dari sini banyak sekali manfaat yang kamu dapat, lho. Seperti si kecil yang punya pengetahuan soal memasak, lalu bonding orang tua dan anak semakin kuat!

 

Ajarkan Untuk Nabung dan Bersedekah

Si kecil yang sudah libur dari sekolah terkait langkah terhindarnya ia dari paparan virus corona dari sekolah, tentu uang jajan si kecil akan utuh nih. Kamu bisa ajari ia untuk menabung dan bersedekah. Kamu bisa mulai memberitahu apa yang ia punya, sebagian kecil punya mereka yang tidak mampu.

 

Bacakan Cerita-Cerita Islami

Sekarang ini banyak lho buku cerita-cerita islami yang mudah dicerna dan bahasannya tepat. Bertepatan dengan bulan Ramadhan ini, kamu bisa ajak si kecil untuk bercerita soal dongeng atau kisah islami sehingga mereka tidak sibuk dengan gawai yang ada nih.

Ajak anak membaca buku kisah-kisah para nabi yang memang dibuat untuk anak, lalu dampingi. Berilah nasihat-nasihat terkait dengan cerita-cerita yang kamu dan si kecil baca.

 

Ajak Untuk Dekorasi Kamar

Biar di rumah kamu makin seru – kamu bisa nih ajak si kecil untuk mendekorasi kamarnya sendiri. Mulai dari membereskan perabotan kamar, bahkan sampai mengajarkan ia untuk mengecat dinding kamarnya. Ajak juga ia untuk memilih warna apa yang tepat untuk kamarnya.

 

Buat Kartu Ucapan

Terkait dengan pandemi Covid-19 dan bulan Ramadhan yang sudah mau selesai, Hari Raya tentu jadi tujuan semua kalangan. Namun untuk sekarang ini, pastinya kamu dan si kecil menghindari interaksi langsung.

Oleh karena itu, kamu bisa nih ajak si kecil untuk membuat kartu ucapan yang bagus supaya bisa dikirimkan ke sanak saudara atau teman-temannya!

 

 

Nah bagaimana? Kamu sudah paham bagaimana membuat si kecil tetap produktif dan aktif walau sedang berpuasa dan di tengah pandemi seperti ini? Lima kegiatan positif di atas bisa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – republika.co.id