Seperti yang sudah diketahui bersama kalau virus corona jika sudah masuk ke dalam tubuh, pasti dengan mudah mengincar dan merusak sistem pernapasan. Hal ini tentu membuat kamu jadi lebih peka dengan kesehatan pernapasan.

Hal ini juga disambut oleh PDPI atau Persatuan Dokter Spesialis Paru Indonesia yang menekankan pentingnya menjaga pernapasan, terutama salurannya dengan menjauhi hal-hal yang bisa merusaknya. Menurut mereka dengan begitu, kamu bisa mengecilkan resiko untuk terinfeksi virus corona.

 

 

Seperti di bawah ini, setidaknya ada beberapa cara dan strategi untuk membantu kamu jaga saluran pernapasan dan sistemnya agar tetap sehat. Penasaran apa saja cara dan strategi yang dimaksud? Selengkapnya di bahasan kali ini ya!

 

Banyak Bergerak

Walau kamu sekarang ini dianjurkan untuk terus berada di rumah saja, dan bahkan kamu juga menerapkan sistem work from home – kamu mesti banyak bergerak. Dengan banyak bergerak, kamu akan memicu jantung untuk berdetak lebih cepat.

Kemudian, hal tersebut akan memicu pula paru-paru untuk menyuplai oksigen sekaligus membantu membuang karbondioksida. Dari hal seperti ini, kinerja jantung dan paru-paru akan terjaga tetap terus optimal.

 

Rumah Bersih Dari Debu

Ini artinya kamu mesti rajin bersih-bersih rumah. Selama kamu berada di rumah saja, tentu kamu juga akan berada bersama anggota keluarga yang lain. Ajak mereka untuk terus bergerak dengan rutin membersihkan rumah agar senantiasa terhindar dari paparan Covid-19 ini.

Debu, jamur dan hal lainnya yang menempel di perabotan rumah, bisa saja masuk ke dalam tubuh dan merusak sistem pernapasan, lho. Jika sudah seperti itu, maka jika terpapar Covid-19, pernapasan akan cepat sekali tumbang.

 

Cukupi Asupan Nutrisi

Banyak bergerak sudah, membersihkan rumah dengan rutin sudah – ini saatnya kamu mulai jaga sistem pernapasan kamu dari dalam diri sendiri. Cukupi berbagai nutrisi yang kamu butuhkan. Berbagai vitamin, mineral dan hal lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh agar daya tahan tetap terjaga optimal.

Kamu juga direkomendasikan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tetap optimal. Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang ada di dalamnya, bisa bantu tubuh untuk punya metabolisme yang bagus, lho!

 

 

Tanaman Sebagai Air Purifier

Percaya atau tidak, kamu bisa lho menjaga serta meningkatkan kualitas udara yang kamu hirup di rumah dengan menanam tanaman di ruangan. Sebagai air purifier alami – tanaman di dalam rumah juga bisa jadi hiasan yang menyejukan mata!

 

Latihan Pernapasan Mendalam

Berbagai teknik pernapasan memang sudah ada di kanal-kanal Youtube – yang mengajarkan kamu bagaimana teknik bernapas yang mendalam. Hal ini penting buat pernapasan kamu, lho. Karena memicu cara kerja paru-paru agar terjaga dengan optimal!

 

Perhatikan Asupan Cairan

Dalam keadaan berpuasa seperti ini, kamu juga mesti menjaga kebutuhan cairan kamu ya. Pastikan kamu mengonsumsi cukup air mineral saat berbuka dan sahur. Jadi paru-paru tidak rentan terkena iritasi karena keringnya tubuh.

 

Jangan Lupa Cuci Tangan!

Pastikan sebelum dan sehabis melakukan sesuatu walau berada di rumah – kamu juga mesti tetap terus jaga kebersihan diri mulai dari sering cuci tangan ya!

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya cara-cara dan strategi agar pernapasan kamu tetap sehat dan bisa bekerja dengan optimal! Bisa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – lifestyle.kompas.com