Kebijakan physical distancing dan PSBB yang mengharuskan kita lebih banyak menghabiskan waktu dan melakukan aktivitas di rumah memang dapat menekan angka penyebaran Covid-19. Namun, ada masalah lainnya yang muncul selama kebijakan tersebut diterapkan. Yaitu, persoalan terkait jamur yang muncul pada sejumlah barang- barang .

Bahkan, masalah ini juga dialami oleh salah satu tempat perbelanjaan Metrojaya Suria Sabah, Malaysia. Barang- barang yang berada di dalamnya, sebagian besar jadi berjamur, terutama barang yang terbuat dari kulit, seperti sepatu, ikat pinggang, dan tas. Hal ini disebabkan karena pusat perbelanjaan ditutup dalam waktu yang lama.

Credit: plumbs.co.uk

Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi, kan? Nah, berikut ini 4 tips untuk mencegah dan menghilangkan jamur yang menempel pada barang pribadi atau mungkin di tembok rumahmu.

Suhu Udara

Salah satu penyebab timbulnya jamur yaitu karena adanya masalah pada kelembapan udara. Agar jamur tidak muncul, maka sebainya atur kadar air dalam udara, dengan menyalakan air conditioner (AC) secara terus menerus. Atau, pastikan ada udara di dalam ruangan, bisa melalui jendela atau kipas angin.

Gunakan Baking Soda

Pada bagian eksterior rumah yang berjamur dapat dibersihkan dengan campuran dasar baking soda. Campuran ini umumnya digunakan untuk membersihkan kolam renang atau perlengkapannya yang rentan terkena jamur.

Gunakan baking soda dan spons basah, lalu lap eksterior rumah yang terkena jamur hingga bersih.

Credit: castle-maids.com

Keringkan Perabotan

Untuk mencegah jamur menempel pada perabotan rumah, yaitu dengan menambahkan sedikit alkohol pada cairan pembersih perabotan, terutama untuk yang berbahan dasar kulit. Tapi ingat, gunakan sedikit saja alkoholnya, ya. Jika terlalu banyak, hal ini justru dapat membuat noda pada perabotan semakin menyebar.

Karena jamur rentan muncul pada permukaan benda yang lembab, jadi setelah dibersihkan, pastikan perabotan rumahmu sudah benar- benar kering.

Lap Kering

Sementara itu, untuk menghilangkan jamur yang menempel pada perabotan rumah, kamu dapat menggunakan lap kering yang sudah diolesi alkohol secukupnya.

Usapkan lap tersebut ke permukaan jamur, kemudian diamkan beberapa waktu sampai benar- benar kering. Agar jamur tak datang kembali, letakkan kapur barus di setiap sudut lemari yang ada di rumahmu.

Jamur yang timbul pada perabotan atau dinding rumah bisa saja menjadi salah satu hal yang dapat mengganggu sistem pernapasan, lho. Selain itu, jamur juga mengakibatkan timbulnya bau tak sedap di rumahmu.

Nah, sekarang sudah tahu ya bagaimana cara mencegah dan mengatasi timbulnya jamur pada barang atau perabotan rumah, selama masa pandemi ini? Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan, ya, agar tidak ada bakteri maupun virus yang menempel pada benda- benda di sekitarmu!

 

Featured Image - tcfurniture.ca

Source  - kompas.com