Saat ini pembatasan aktivitas di masa Pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Hal tersebut menyusul diberlakukannya orang diminta untuk tetap berada di rumah, kecuali ada keperluan penting, seperti harus berbelanja kebutuhan pokok.

Meskipun di rumah saja, bukan berarti 100 persen terhindar dari virus corona. Bukan tak mungkin, virus tersebut menempel pada pakaian dari salah satu anggota keluarga yang berpergian keluar rumah.

Credit: marketwatch.com

Untuk itu, penting untuk tetap waspada dan melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini 5 hal yang dapat kamu terapkan, agar tidak tertular Covid-19 selama di rumah.

Jaga Jarak Fisik

Sebenarnya, jaga jarak fisik tidak bisa benar- benar dijaga, kecuali kamu tinggal sendirian. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap menjaga jagak dan membatasi kontak dengan orang lain, termasuk dengan orang rumah.

Mengutip The Conversation, disarankan jika ada anggota keluarga yang memiliki sistem imun lemah, maka yang lainnya harus bertindah seolah- olah ia berisiko terinfeksi. Batasi kontak langsung dengan orang tersebut, dan cuci tangan setelah melakukan kontak dengannya.

Lalu, jika memungkinkan, batasi jarak setidaknya 1,5 hingga 2 meter.

Protokol Keluar dan Masuk Rumah

Jika ada anggota keluarga yang harus keluar rumah, maka terapkan protokol kesehatan. Sebelum kembali masuk ke rumah, lepaskan sepatu di depan pintu. Lalu, usahakan untuk menaruh sabun cuci tangan di depan rumah, sehingga orang yang akan masuk atau tamu dapat menggunakannya.  Kemudian, letakkan tas kerja atau barang- barang yang di bawa dan bersihkan dengan cairan disinfektan.

Setelah masuk ke rumah, jangan sentuh atau melakukan hal apapun, segera lepaskan pakaian, dan mandi serta keramas untuk menghilangkan bakter, kuman, atau virus yang bisa saja menempel pada tubuh.

Credit: psoriasis.org

Perhatikan Gejala

Memperhatikan munculnya gejala pada orang- orang sekitar yang memiliki potensi tertular sangat penting dilakukan. Jika ada anggota keluarga atau bahkan dirimu sendiri, merasa tak sehat dan mengalami gejala yang mengacu pada Covid-19, maka segera konsultasikan ke petugas kesehatan setempat atau hubungi hotline Covid-19 di 119 ext 9.

Terapkan Hidup Sehat dan Bersih

Meskipun hanya di rumah saja, bukan berarti kamu tak menerapkan kebiasaan hidup sehat dan bersih. Cuci tangan secara rutin menggunakan air dan sabun, terutama sebelum dan sesudah makan, atau sebelum menyentuh wajah. Dan jika memungkinkan, buka jendela untuk melakukan pergantian udara.

Bersihkan benda- benda yang ada di rumah secara rutin, terutama benda yang sering disentuh seperti telepon, remote tv, saklar, gagang pintu, dan juga keran.

Lalu, yang terpenting adalah jaga daya tahan tubuhmu dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, perbanyak konsumsi sayur dan buah, olahraga rutin, istirahat atau tidur yang cukup, dan penuhi kebutuhan cairan tubuh.

Dan lengkapi gaya hidup sehatmu dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dua kali sehari. Kombinasi kandungan vitamin C dan vitamin B Kompleks dapat mengoptimalkan daya tahan tubuhmu, serta membantu proses metabolisme makanan menjadi energi yang lebih tahan lama.

Lakukan Tindakan, Jika Ada Anggota Keluarga yang Terpapar

Jika ada salah seorang anggota keluargamu yang sakit, maka lakukan isolasi secara mandiri terlebih dahulu. Lalu, ingatkan mereka untuk menutup mulut dan hidung ketika akan melakukan kontak dengan anggota keluarga lainnya.

Usahakan, hanya satu orang saja yang merawatnya, untuk meminimalisir risiko. Dan segera cuci tangan setiap kali selesai melakukan kontak langsung.

 

 

Featured Image - shrm.org

Source - cnnindonesia.com