work from home selama pandemi Covid-19 ini memang membuat kamu mesti bisa segala-galanya walau dari rumah saja. Salah satunya adalah meeting atau pertemuan dengan teman kantor yang mesti kamu lakukan dengan virtual.

Diskusi atau laporan dalam meeting adalah kegiatan yang lumrah dalam dunia pekerjaan. Tapi terus-terusan untuk video call atau video konferensi tentu membuat meeting mempunyai rasa yang berbeda. Namun, terkait dengan pandemi ini juga, kamu mesti mentaati peraturan yang ada.

Nah, saat video konferensi berjalan – sebenarnya ada beberapa etika yang mesti kamu ketahui dan terapkan supaya meeting tersebut berjalan lancar – atau setidaknya tidak seperti debat kusir yang semua orang ingin berbicara.

 

 

Penasaran sebenarnya apa saja etikanya dan fitur-fitur apa yang mendukung hal tersebut di video konferensinya? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Jika Tidak Berbicara, Aktifkan Tombol Mute

Dalam video konferensi, sebelum mulai meetingnya, biasanya kamu akan diberikan pilihan akan mengaktifkan kamera laptop atau tidak untuk membuat diri kamu terlihat oleh yang lain, dan juga menyalakan mic agar suara kamu terdengar oleh yang lain juga.

Tentu semuanya akan dinyalakan. Tetapi pada saat meeting berjalan, ada baiknya jika kamu tidak sedang ingin berbicara, kamu bisa mute atau matikan sejenak mic laptop agar tidak ada suara-suara mengganggu masuk ke dalam video konferensi tersebut.

Suara yang tidak penting, misalnya adalah tetiba si kecil masuk ke ruang kerja kamu, teriak untuk minta ditemani main atau mandi dan sebagainya – tentu hal tersebut akan mengganggu jalannya video konferensi, walau memang hal tersebut juga dimaklumi. Tapi untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan fitur mute-unmute jika ingin berbicara.

 

Pakai Earphone yang Ideal

Audio laptop – termasuk mic dan speaker tentu tidak sejernih earphone yang kamu punya. Oleh karena itu, agar lebih fokus mendengar dan berbicara pada video konferensi kamu, direkomendasikan untuk menggunakan earphone saja.

 

Panggilan Konferensi

Ada kendala dengan laptop tidak jadi masalah untuk video konferensi. Kamu juga bisa melakukannya dengan handphone karena aplikasi seperti Whatsapp, sudah memiliki layanan video konferensi yang menampung sampai 8 orang.

 

Komunikasi Dengan Baik

Mengacu ke poin pertama, jika kamu ingin berbicara, sebaiknya tidak asal unmute dan langsung ngomong apa yang ingin kamu utarakan. Kamu bisa klik fitur rise your hand yang akan berguna untuk host video konferensi tersebut memberikan kamu peluang untuk bicara yang jelas.

Hal ini juga berlaku ketika semisalnya kamu mau izin untuk pergi ke toilet dulu atau apapun yang ingin kamu lakukan – sebaiknya izin dengan cara seperti itu.

 

Dress up, Dress Well

Walau berada di rumah – tidak serta-merta kamu jadi seenaknya saja menghadiri video konferensi, ya. Pastikan kamu juga mengenakan pakaian yang seperti kamu gunakan saat meeting sungguhan. Tapi untuk kenyamanan kamu, bisa kamu akali dengan menggunakan bawahan celana pendek atau celana apapun yang buat kamu nyaman.

Hal ini berkaitan dengan mereka dalam video hanya melihat kamu dari kepala sampai batas dada saja, kan. Oleh karena itu, boleh pakai kemeja dan bawahan senyamannya kamu.

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas kan soal etika dalam video konferensi? Jangan lupa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – CNN Indonesia