mudik hingga berkumpul dengan sanak saudara jadi tidak bisa dilaksanakan

Tenang! Tak bisa berkumpul dengan keluarga bukan berarti kamu tidak bisa bersilaturahmi kan? Ada alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah melakukan silaturahmi secara virtual. Terlebih lagi teknologi saat ini sudah semakin canggih, jadi kamu semakin mudah untuk saling bersapa melalui fitur video call yang ada di smartphone.

 

Credit: lifestyle.kompas.com

Tapi, terlalu sering atau lama menatap layar smartphone juga dapat menimbulkan rasa tak nyaman pada mata, seperti terasa gatal dan mengganjal, sering berair, mata merah, atau terasa berpasir.

Nah, agar silaturahmi virtual tetap berjalan dengan lancar, berikut ini 6 tips yang kamu bisa terapkan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Jarak Layar

Sebelum melakukan video call, pastikan jarak antara mata dan layar sudah aman, yaitu sekitar 30-40 cm dari mata. Jarak ini sama dengan jarak pandang ketika sedang membaca buku.

Lalu, atur posisi duduk kamu dan keluarga, agar semuanya bisa terlihat dalam satu layar. Jadi, jangan sampai ada yang tertinggal ya!

Atur Cahaya

Cahaya di smartphone juga harus diatur, agar tidak terlalu redup maupun terlalu terang. Karena kedua hal tersebut bisa menimbulkan masalah lho. Cahaya yang terlalu gelap akan memaksa mata untuk fokus saat menatap layar, sehingga nantinya mata jadi terasa lelah.

Dan sebaliknya, cahaya layar yang terlalu terang dapat membuat mata penggunanya terasa perih karena iritasi. Jangan lupa atur cahaya pada smartphone kamu ya.

Jaga Kebersihan Layar

Sebelum memulai silaturahmi virtual,  pastikan layar smartphone kamu bersih ya. Usahakan layar tetap jernih agar tidak mengganggu pandangan mata para penggunanya. Jika layar smartphone mu mulai kotor, kamu dapat membersihkannya menggunakan tisu atau lap lembut.

Berkedip

Berkedip memang gerakan yang pasti akan dilakukan oleh manusia secara otomatis. Tapi, ada saatnya ketika seseorang bisa lupa berkedip, seperti saat sedang fokus menatap layar.  Bisa jadi, ketika kamu melakukan silaturahmi virtual membuatmu terlena dan terlalu fokus berbicara sambil menatap layar, sehingga membuatmu lupa untuk berkedip.

Oleh karena itu, usahakan untuk berpaling dari layar setiap 20 menit sekali, lalu berkedip perlahan, seolah- olah kamu sedang mengantuk.

Credit: womantalk.com

Istirahatkan Mata

Setelah menatap layar smartphone dalam 20 menit, usahakan untuk memberi jeda sehingga mata dapat beristirahat sejenak. Lalu, lakukan aktivitas lainnya sembari mengistirahatkan mata, seperti menyiapkan makanan, atau mengurus keluarga.

Cukupi Kebutuhan Air

Terlalu seru mengobrol di depan layar, seringkali membuatmu lupa untuk minum air putih. Kekurangan cairan tubuh memiliki pengaruh terhadap produksi air mata, lho. Jadi, usahakan mengonsumsi air putih 8 gelas per hari ya.

Nah, itu dia 6 tips menjaga kesehatan mata ketika sedang melakukan silaturahmi virtual di hari lebaran nanti! Jangan lupa terapkan tips- tips di atas ya, agar mata tetap terasa segar meskipun sedang sering menatap layar smartphone.

 

Featured Image - headtopics.com

Source - detik.com