Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu nutrisi penting yang menunjang sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, kebutuhan akan nutrisi ini perlu kamu upayakan agar tubuh senantiasa fit dan sehat. Lalu, vitamin C bisa kamu temukan pada makanan apa saja? Bukan hanya jeruk saja, ternyata asam askorbat juga terdapat di sumber pangan alami berikut ini!

Vitamin C Ada di Makanan Apa Saja?

Vitamin C kira-kira ada di makanan apa saja ya? Umumnya, kebutuhan vitamin C atau asam askorbat bisa kamu dapatkan lewat buah-buahan dan sayuran tertentu. Berikut daftar buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin C tinggi.

1. Buah-buahan

Secara umum, kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin C dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk manis, jeruk bali, jeruk mandarin, lemon, limau, stroberi, kiwi, paprika, mangga, pepaya, raspberry, blueberry, blackberry, jambu biji, ceri, dan cranberry. Namun tak hanya itu, berikut daftar buah-buahan lainnya dengan kandungan asam askorbat yang perlu kamu tahu.

  • Buah-buahan tropis: Buah naga, nanas, belimbing, dan guava juga merupakan sumber yang baik dari vitamin C.
  • Buah asam: Buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti anggur, apel hijau, dan anggur beri juga dapat memberikan kontribusi pada asupan vitamin C.
  • Buah-buahan kaya air: Semangka dan melon cantaloupe juga mengandung jumlah yang signifikan dari vitamin C.

2. Sayuran

Selain buah, vitamin C juga bisa kamu dapatkan di sayuran, apa saja ya kira-kira? Di antaranya adalah brokoli, paprika merah, paprika hijau, paprika kuning, tomat, kembang kol, kale, bayam, daun bawang, sawi, lobak, dan kubis.

Memasukkan berbagai jenis makanan ini dalam pola makan harian dapat membantu memastikan asupan yang mencukupi dari vitamin C untuk kesehatan tubuh dan kekebalan.

 

 

Tips Mengoptimalkan Manfaat Vitamin C pada Makanan

Selain mengetahui sumber makanan alami vitamin C apa saja, kamu juga harus memperhatikan cara mengonsumsinya dengan benar. Berikut beberapa tips untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin C secara optimal agar kamu dapat mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

1. Konsumsi Sayur dan Buah secara Bervariasi

Usahakan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C agar kamu mendapatkan manfaat dari berbagai nutrisi lainnya dan untuk mencegah kejenuhan.

2. Konsumsi dalam Keadaan Segar

Lebih baik mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C dalam keadaan segar. Makanan yang diolah lebih mungkin kehilangan sebagian nutrisinya.

3. Jangan Terlalu Lama saat Mengolah

Saat memasak sayuran yang mengandung vitamin C, hindari memasaknya terlalu lama atau dengan suhu yang sangat tinggi. Hal ini bisa mengurangi kandungan vitamin C dalam makanan.

4. Sajikan sebagai Menu Sarapan

Tambahkan buah-buahan yang kaya akan vitamin C pada menu sarapan harian, seperti smoothie buah segar atau irisan stroberi di atas oatmeal.

 

 

5. Jadikan sebagai Camilan Sehat

Pilihlah camilan sehat seperti potongan paprika merah, irisan jeruk, atau stroberi segar untuk memberikan tambahan vitamin C pada menu harianmu.

6. Jus sebagai Opsi Lainnya

Jika tidak bisa mengonsumsi buah-buahan secara langsung, meminum jus segar juga bisa menjadi alternatif. Namun, perlu diingat bahwa jus buah dapat mengandung lebih banyak gula dan lebih sedikit serat dibandingkan dengan buah utuh.

7. Simpan dengan Benar

Simpan buah-buahan dan sayuran di tempat yang sejuk dan kering agar tetap segar dan kandungan vitamin C-nya terjaga.

8. Jadikan Habit

Penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Buatlah kebiasaan mengonsumsi makanan ini menjadi bagian dari pola makan sehari-hari.

Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat memaksimalkan manfaat dari makanan yang kaya akan vitamin C ke dalam menu harian.

 

 

Enervon Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Selain menerapkan tips di atas, kamu juga bisa rutin mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan vitamin C dan juga B-Kompleks.

Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas dan vitamin B-Kompleks membantu pembentukan energi sehingga kamu senantiasa fit dan aktif sepanjang hari. Cukup konsumsi 1x sehari, kamu akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Menariknya, Enervon juga memiliki produk multivitamin berkhasiat lainnya yang bisa kamu konsumsi sesuai kebutuhan seperti Enervon Gold.

Enervon Active juga mengandung nutrisi penting yang terdiri dari Vitamin C dan B-Kompleks, serta Zinc. 

Lalu bagaimana dengan Enervon Gold menawarkan banyak manfaat karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C dan B-Kompleks, asam folat, omega-3, dan juga lutein yang menunjang kesehatan para lansia di usia emas.

Dapatkan semua produk Enervon tersebut secara online sekarang juga melalui tautan Shopee dan Tokopedia berikut ya!

 

Referensi:

1. WebMD. Top Foods High in Vitamin C. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-vitamin-c

2. Caroline Hill, MHumNutr, BSc and Erin Kelly. 20 Foods That Are High in Vitamin C. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods