Khasiat vitamin C atau asam askorbat bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Vitamin yang satu ini memiliki segudang manfaat karena menunjang daya tahan tubuh, bersifat anti-radang dan antioksidan, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Tak hanya itu saja, jenis vitamin larut air ini juga bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi, hingga memaksimalkan fungsi jantung dan otak. Kamu bisa memenuhi kebutuhan asam askorbat dengan konsumsi sumber makanan alami yang mengandung vitamin C. Tak hanya di buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, dan stroberi saja, asupan vitamin C juga bisa kamu dapatkan dari berbagai jenis sayuran lho! Berikut telah terangkum jenis-jenis sayuran yang mengandung vitamin C serta manfaatnya bagi kesehatan.

Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Tiap-tiap orang punya kebutuhan vitamin yang berbeda berdasarkan usia dan jenis kelamin. Umumnya pria dewasa membutuhkan vitamin C sebesar 90 mg per hari, sedangkan wanita dewasa 75 mg per hari.

Memenuhi kebutuhan vitamin C harian sangat penting karena akan mencegah risiko terkena penyakit infeksi, gusi berdarah, anemia, badan memar, serta mengalami penyembuhan luka yang lama. Nah, kamu bisa memenuhinya dengan rutin mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C seperti berikut ini.

1. Brokoli

Hampir semua sayuran berwarna hijau memiliki kandungan vitamin C, seperti salah satunya adalah brokoli. Dalam 120 mg brokoli saja, sudah menyumbang 51 mg vitamin C. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada brokoli bahkan berpotensi menurunkan risiko penyakit kanker. Jadi, jangan sampai melewatkan jenis sayuran ini dalam menu masakan harianmu ya!

2. Bayam

Jenis sayuran hijau lainnya yang juga mengandung vitamin C adalah bayam. Bahkan, bayam juga memiliki kandungan vitamin K, fosfor, tiamin, dan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, kamu harus bisa mengolah bayam dengan cara yang tepat ya supaya tidak merusak nilai gizi di dalamnya. 

Jangan terlalu lama saat memasak bayam dan hindari menghangatkan sayur bayam saat ingin menyantapnya. Selain dianjurkan untuk tidak melakukan pemanasan ulang, sebaiknya segera konsumsi bayam sebelum 5 jam setelah diolah. 

Pasalnya, lewat dari 5 jam, kandungan bayam justru bisa menjadi racun yang menimbulkan efek samping negatif bagi tubuh seperti  sakit kepala, terasa linglung, hilang kesadaran, sesak napas, batuk-batuk, dan jantung berdebar cepat.

 

 

3. Sawi

Bukan brokoli ataupun bayam, ternyata jenis sayuran hijau yang menyimpan kandungan vitamin C paling tinggi adalah sawi. Pasalnya, di dalam 120 mg sawi, menyimpan 97,5 mg vitamin C. Bahkan, sawi juga memiliki segudang nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, kalsium, kalium, mangan, serat, dan juga folat.

Konsumsi sawi sangat bermanfaat bagi kesehatan karena merupakan sumber antioksidan bagi tubuh, berperan dalam detoksifikasi tubuh, mengelola kadar kolesterol, dan menyumbang asupan serat. 

4. Kangkung

Konsumsi kangkung juga sangat penting bagi tubuh karena mengandung vitamin C dan berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, zat besi, dan air. Beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan antara lain anti-radang, menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, melawan kerusakan hati, mengatasi anemia, hingga menjaga sistem imunitas.

5. Kale

Kale merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang tergolong dalam keluarga kubis, seperti sayur brokoli. Selain vitamin C, kale juga memiliki kandungan vitamin K, karotenoid lutein, dan zeaxanthin. Bahkan, daun kale merupakan sayuran hijau  dengan kandungan vitamin C tinggi kedua setelah sawi. Hal ini karena dalam 100 gram kale mentah menyediakan 93 mg vitamin C.

Manfaat kale bagi kesehatan di antaranya adalah memelihara kesehatan jantung serta meminimalisir risiko kanker.

 

 

6. Tomat

Sayuran yang mengandung vitamin C berikutnya adalah tomat. Di dalamnya juga terdapat kandungan lain seperti vitamin K, folat, dan juga potassium. Bahkan, tomat juga merupakan sumber makanan antioksidan likopen yang berfungsi menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung.

7. Paprika Kuning

Kabar baik bagi pecinta paprika, karena jenis sayuran ini juga kaya akan vitamin C. Menariknya, dalam 186 gram paprika kuning, menyimpan 342 mg vitamin C lho! Selain itu, paprika kuning juga menyimpan nutrisi penting lain seperti vitamin A, fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium. Konsumsi paprika bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata hingga mencegah kanker.

8. Kembang Kol

Opsi sayuran yang mengandung vitamin C lainnya adalah kembang kol. Bahkan, sayuran ini juga menyediakan sumber folat yang rendah natrium, bebas kolesterol dan juga lemak. Manfaat penting kembang kol bagi tubuh antara lain menjaga daya tahan tubuh serta mencegah timbulnya penyakit infeksi. 

 

 

9. Kentang 

Kentang adalah jenis sayuran yang juga kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan B6, kalium, serta serat. Sayuran ini juga tahan terhadap suhu tinggi, sehingga kandungannya tetap terjaga saat proses memasak. Beberapa manfaat kentang bagi kesehatan tubuh adalah mendukung kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan sebagai antioksidan.

10. Cabai

Kecil-kecil cabai rawit ternyata bukan isapan jempol belaka. Ungkapan tersebut sesuai dengan khasiat cabai bagi kesehatan karena mengandung vitamin C, vitamin A, fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium. Kandungan yang dimiliki cabai sangat bermanfaat terutama bagi paru-paru karena bisa melebarkan saluran napas, serta menurunkan risiko terkena radang paru-paru.

11. Peterseli

Jangan salah, peterseli yang kerap menjadi hiasan atau pelengkap hidangan ternyata juga mengandung vitamin C lho! Bahkan jenis sayuran ini juga kaya akan manfaat seperti anti-inflamasi, memperkuat sistem imun, menyehatkan tulang, mencegah kanker, mengatasi anemia, menyehatkan jantung, dan mengurangi peradangan. 

Bahkan, peterseli juga penting bagi wanita karena bisa menghilangkan bau mulut, meredakan nyeri saat haid, melancarkan haid bagi yang terlambat menstruasi, mencegah menopause dini, hingga meredakan PMS.

 

 

Selain konsumsi sumber makanan alami yang kaya akan vitamin C, multivitamin tambahan juga akan menunjang sistem imunitas dan kesehatan tubuh. Jadi, mulailah untuk mengonsumsi Enervon-C Effervescent 1 tablet per hari mulai dari sekarang.

Dengan rasa jeruk yang menyegarkan, Enervon-C Effervescent mengandung Vitamin C 1000mg dan Vitamin B Kompleks yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu supaya tidak gampang sakit. Klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produknya sekarang juga ya!
 

Referensi:

1. Caroline Hill, MHumNutr, BSc and Erin Kelly. 20 Foods That Are High in Vitamin C. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods#20-foods-high-in-vit-c 

2. WebMD. Top Foods High in Vitamin C. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-vitamin-c