Gajimu Dipotong Selama WFH? Tenang! Terapkan Cara Berikut Ini Untuk Menghadapinya

Gajimu Dipotong Selama WFH? Tenang! Terapkan Cara Berikut Ini Untuk Menghadapinya

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 memang menyebabkan berbagai perubahan dan mengharuskan masyarakat untuk melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Hal ini mengacu pada kebijakan PSBB, physical distancing, dan juga kebijakan bekerja dari rumah yang diterapkan oleh banyak perusahaan.

Dengan imbauan di rumah saja, hal ini tentu berdampak pada ekonomi masyarakat. Banyak pusat perbelanjaan yang harus tutup sementara waktu. Tak hanya itu, para pekerja juga ada yang mengalami pemotongan gaji akibat kebijakan work from home. Padahal, masih banyak kebutuhan dan kewajiban seperti membayar cicilan yang tetap harus dijalani.

 

Gajimu Dipotong Selama WFH? Tenang! Terapkan Cara Berikut Ini Untuk Menghadapinya

Credit: cekaja.com

Tapi, tenang saja! Bagi kamu yang mengalami pemotongan gaji selama work from home, berikut ini 5 tips untuk membantu mengatur keuanganmu! Simak ulasannya berikut ini. 

Kurangi Pengeluaran

Saat bekerja dari rumah, seharusnya kamu bisa mengurangi pengeluaranmu. Dengan berada di rumah, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi atau membeli bensin.  Selain itu, dengan kondisi pusat perbelanjaan yang tutup, kamu juga bisa memangkas pengeluaran untuk nonton bioskop, belanja, maupun pergi ke salon.

Nah, kamu bisa mengalokasikan pengeluaran tersebut untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting, seperti kebutuhan bahan makanan, tambahan untuk membayar cicilan, dan lain sebagainya.

Periksa yang Sudah Menjadi Hak Kamu

Untuk memudahkan pekerja, beberapa waktu lalu pemerintah mengatakan akan menerapkan relaksasi kredit dari para kreditur seperti bank atau leasing untuk para debitur. Pembayaran dalam bentuk kredit, bisa saja dihentikan terlebih dahulu untuk sementara waktu.

Jika benar, maka hal ini bisa menjadi hal kamu. Karena, relaksasi pembayaran kredit ini tentu akan memberikanmu kemudahan yang mengalami pemotongan gaji, atau bahkan sedang tidak mendapat penghasilan selama pandemi.

Menabung

Meskipun pemasukan berkurang, tapi tak ada alasan untuk tidak menabung ya. Walaupun nominal uaang yang ditabung akan berkurang, tapi ini tetap bermanfaat untuk kehidupanmu di kemudian hari, terlebih lagi dalam masa- masa kriris seperti sekarang ini.

Selain itu, kamu juga tidak akan tahu kapan lagi akan mengalami masa- masa krisis, sehingga tabungan dan dana darurat juga sangat penting dan dibutuhkan.

Gajimu Dipotong Selama WFH? Tenang! Terapkan Cara Berikut Ini Untuk Menghadapinya

Credit: finmas.co.id

Hindari Meminjam Uang Sembarangan

Pemotongan gaji selama work from home tentu berpengaruh bagi keadaan keuanganmu. Biasanya, meminjam uang dari teman atau keluarga menjadi jalan untuk menutupi kekurangan yang sedang kamu alami.

Namun, di tengah kondisi krisis seperti ini, sebaiknya hindari untuk meminjam uang apabila belum benar- benar terdesak. Karena, hal tersebut akan menambah pengeluaranmu pada waktu yang akan datang. Dan jika kamu meminjam uang, dikhawatirkan kamu belum bisa membayarnya dalam waktu dekat.

Jika kamu terpaksa meminjam uang, hindari melakukannya dari pinjaman online yang illegal atau belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya.

Berinvestasi

Selain menabung, berinvestasi juga penting untuk menjaga kestabilan uang di tengah kondisi seperti ini. Sama seperti menabung, dana yang kamu gunakan untuk investasi bisa kamu kurangi, karena pemasukan yang kamu terima juga berkurang.

Tapi, jika krisis sudah berakhir dan kamu sudah bisa menutupi semua pengeluaran, maka sebaiknya kamu kembalikan porsi investasimu seperti semula ya.

Nah, gimana nih? Sekarang sudah tahu ya bagaimana cara mengakali gajimu yang dipotong saat WFH di tengah pandemi Covid-19. Untuk kamu yang mengalami hal ini, coba deh diterapkan tips- tips di atas, agar kondisi keuanganmu tetap dalam kondisi yang stabil dan baik.

 

Featured Image - corfina.id

 


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!