Ada Masalah Ada Solusi: 5 Tanda Kecemasan dan Cara Mengatasinya

Ada Masalah Ada Solusi: 5 Tanda Kecemasan dan Cara Mengatasinya

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak buruk bagi perekonomian umum dan personal. Pandemi ini juga memberikan efek yang tidak baik untuk personal, khususnya kesehatan mental kamu. Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan saja, mesti ditangani secepatnya.

Isolasi, karantina, kehilangan pekerjaan, gaji dipotong dan kesulitan ekonomi lainnya membuat banyak orang semakin cemas dan stress. Untuk kamu yang kurang lebih juga merasakan hal-hal ini, berikut ada lima tanda kecemasan yang semakin parah dan berbahaya untuk kesehatan mental.

 

 

Kualitas Tidur Menurun Drastis

Tanda pertama yang bisa kamu ketahui kalau kamu sebenarnya dilanda oleh kecemasan dan stress luar biasa karena pandemi Covid-19 ini adalah tidur yang buruk atau kualitas tidur yang menurun secara drastis.

Hal ini bisa ditandai oleh diri kamu yang kesulitan untuk tidur dan istirahat, serta tiba-tiba sering terbangun karena mimpi buruk serta bangun tidur disertai rasa letih yang luar biasa. Jika sudah seperti ini, tandanya kamu mengalami kecemasan yang luar biasa.

 

Kecanduan Konsumsi Berita Buruk

Siapa yang menginginkan mendapat berita buruk, sepertinya tidak ada – namun jika kamu sudah terlalu fokus dengan berita buruk, tentunya kamu sudah berada di dalam tekanan yang luar biasa. Terlebih kamu sudah meyakii berita buruk tersebut benar adanya.

 

Kehilangan Semangat

Pudarnya minat serta rasa senang menjalani hari adalah tanda-tanda kecemasan yang bisa kamu rasakan. Bahkan untuk mengetahui kabar saudara atau orang-orang terdekat – kamu sudah tidak mau tahu dan kehilangan semangat untuk mengerjakan apapun.

 

Tubuh Kehilangan Daya

Tidak hanya pemikiran yang akan tidak berdaya – tubuh pun akan kehilangan dayanya jika kamu mempunyai tingkat kecemasan serta tekanan ang luar biasa. Hal ini bisa benar-benar melumpuhkan kamu, lho.

 

Muncul Keinginan Mengakhiri Semuanya

Jika kamu sudah berada di tahap ini – sebaiknya kamu benar-benar mencari pertolongan karena hal ini bisa saja sangat berbahaya. Jika sudah menumpuk sekali kecemasan dan tekanan yang ada, bisa saja kamu berpikiran untuk mengakhiri semuanya.

***

 

Terlepas dari lima tanda kecemasan di atas – setidaknya ada beberapa hal lagi yang bisa kamu lakukan untuk menekan lima tanda kecemasan tersebut.

Seperti kembali lagi berhubungan dengan keluarga serta teman terdekat, bersyukur, mempunyai jadwal rutinitas yang akan menyibukan kamu – sampai meningkatkan kewaspadaan kamu terhadap berita-berita yang beredar di berbagai media.

 

 

Terlebih, kamu mesti jaga daya tahan tubuh kamu dengan baik. Selain kamu mencukupi segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dari makanan dan minuman, kamu bisa melengkapi hal tersebut dengan mengonsumsi Enervon-C.

Multivitamin seperti Enervon-C aman untuk dikonsumsi tiap hari karena zat kandungannya mudah larut dengan air sehingga jadi lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Jika ada zat yang tidak terpakai lagi, akan keluar lewat urin.

 

 

Wah bagaimana nih? Apakah kamu sudah paham dengan penjelasan di atas? Sebaiknya kamu mulai peka dengan diri kamu sendiri dengan cara intropeksi diri dan merasakan rasa yang ada di dalam tubuh kamu ya!

 

Feature Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!