Dari kemarin hingga sekarang mungkin kamu dibredel oleh si kecil dengan pertanyaan kenapa tidak ke rumah kakek-nenek, kenapa tidak ke rumah om-tante dan kenapa terus-terusan berada di rumah saja. Percaya atau tidak, si kecil jelas merasa sangat bosan.

Sebenarnya tidak hanya si kecil ya – mungkin kamu yang menjadi orang tuanya pun sudah cukup bosan untuk menjalani WFH yang sudah lebih dari satu bahkan dua bulan ini. Mau tidak mau, kamu memang mesti tetap berada di rumah dulu karena pandemi Covid-19 ini belum selesai.

 

 

Tantangan untuk melakukan WFH adalah pertanyaan si kecil yang tentu membuat kamu mesti jungkir balik pindah posisi agar pekerjaan kantor kamu tidak terganggu. Namun, hal tersebut mesti diselesaikan dengan baik.

 

Hindari Penggunaan HP, Berikan Permainan Buat si Kecil

Ini memang cukup tricky sih – di satu sisi, si kecil akan cukup tenang dan tidak mengganggu kamu mengerjakan pekerjaan kantor dengan memberinya smartphone. Boleh saja sih – tapi hp adalah barang yang bisa memberikan efek atau dampak berjangka panjang untuk si kecil.

Oleh karena itu, sebenarnya kamu mesti riset, kreatif untuk memberikan mereka permaiann yang cukup untuk menyibukan mereka beberapa jam ke depan. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk kamu mendapatkan kredit waktu tenang untuk mengerjakan pekerjaan kantor selama WFH tapi juga untuk si kecil.

Misalnya kamu memberikan permainan seperti bongkar pasang puzzle, atau bongkar pasang bentuk rumah dan lainnya yang kira-kira akan menyibukan mereka untuk beberapa waktu yang lama. Tidak hanya permainan sih, kamu bisa saja memberikan buku mewarnai lengkap dengan alat mewarnainya.

Si kecil bisa saja dengan polos untuk lupa ‘mengganggu’ kamu saat WFH. Manfaat untuk si kecil adalah tentu imajinasinya berkembang dengan baik, motoriknya pun bergerak dengan baik dan hal lainnya lagi. Oleh karena itu, kamu perlu kreatif dan aktif juga untuk memberikan mereka kesibukan ya.

 

Rasa Bosan Berkaitan Dengan Usia si Kecil

Nah ada yang mesti kamu ketahui juga nih kalau ternyata rasa bosan yang dimiliki oleh si kecil akan berbeda-beda seiring bertambah umurnya, lho. Jika saat balita, tentu kamu cukup sulit meninggalkannya.

Namun jika sudah beranjak lima tahun lebih – seperti tujuh sampai delapan tahun, kamu bisa lho mengajaknya melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk mengasah kemampuannya seperti memasak atau berkebun.

Hal ini juga bisa kamu sesuaikan dengan minat mereka nih. Misalnya si kecil suka makan (tentunya) – kamu bisa ajarkan atau bahkan ajak mereka untuk memasak bersama. Hal ini jelas bermanfaat untuk si kecil karena akan mempunyai pengalaman serta pengetahuan lebih dari kamu!

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup paham untuk menanggapi rasa bosannya si kecil karena pandemi Covid-19 ini? Bisa kamu terapkan ya!

 

Feature Image – food.detik.com