Pandemi Covid-19, Ini 5 Tips Cerdas Mendapatkan Pekerjaan Bagi Freelancer

Pandemi Covid-19, Ini 5 Tips Cerdas Mendapatkan Pekerjaan Bagi Freelancer

Pandemi Covid-19 jadi tantangan tersendiri buat kamu para freelancer atau pekerja lepas. Pasalnya, industri serta perekonomiannya menjadi tidak terlalu jelas, bahkan cenderung merugi. Tidak sedikit karyawan perusahaan yang akhirnya di rumahkan, gaji dipotong 50% atau bahkan diberhentikan.

Pekerja lepas biasanya mengerjakan pekerjaannya sesuai kontrak atau masa proyek terkait berjalan. Namun di kondisi seperti ini, cukup sulit buat para freelancer menemukan pekerjaan. Mereka yang sebagai karyawan tetap saja bisa di rumahkan dan tidak dibayar, apalagi buat para pekerja lepas.

 

 

Oleh karena itu, untuk menghadapi kondisi seperti ini – kamu yang masih jadi freelancer, ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui, dan bisa kamu perbaharui agar lebih menarik perhatian perusahaan yang kamu lamar. Penasaran apa saja beberapa hal tersebut? Sila simak bahasan kali ini ya!

Pandemi Covid-19, Ini 5 Tips Cerdas Mendapatkan Pekerjaan Bagi Freelancer

credit: topcareer.id

 

Bikin CV yang Buat Banyak Orang Percaya

Tidak hanya menarik mata atau perhatian sesaat, CV atau rangkuman perjalanan karir kamu mestinya bisa membuat siapapun yang membacanya percaya kalau pekerjaan tersebut memang ada untuk kamu. Atau memang hanya kamu yang bisa mengerjakannya.

Hal ini tentu terkait dengan cantuman portofolio atau beberapa karya kamu di pekerjaan sebelumnya yang jangan lupa untuk dicantumkan di sana. Ini akan jadi nilai tambah saat pertimbangan karena jika ada portofolio, kamu dinilai – minimal sudah terbiasa mengerjakan hal tersebut dan hasilnya pun bagus.

 

Pintar Pilih Proyek

Bukan hanya sekedar besar atau kecilnya nilai sebuah proyek yang kamu lamar, tapi kamu mesti perhatikan juga siapa yang mempunyai dan menjalankan proyek tersebut. Perusahaan tersebut akan jadi kantor kamu sementara sehingga mesti kamu ketahui kejelasan dari perusahaan itu.

Tidak sedikit lho perusahaan yang kerap menipu para freelancer atau membuat bayaran seperti main layangan yaitu tarik-ulur. Oleh karena itu, kamu bisa cek terlebih dahulu profil perusahaannya seperti apa, proyeknya dikerjakan sebesar apa dan lainnya.

 

Punya Komitmen dan Tanggung Jawab

Freelancer memang kerap tidak terikat oleh berbagai aturan kantor yang mengikat. Oleh karena itu, soal hasil pekerjaan – ya kamu mesti mempunyai komitmen dan tanggung jawab jika kamu akan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik dan benar.

Jangan lupa – tepat waktu, kamu juga tidak inginkan jika pembayaran jasa kamu diundur atau ditunda? Oleh karena itu, lakukan hal yang sama ketika kamu mengerjakan pekerjaan tersebut.

 

Perbaharui Kemampuan Kamu

Jangan karena sibuk cari pekerjaan atau proyek lepas di internet dan di luar sana kamu jadi lupa soal kemampuan ya. Perbaharui kemampuan kamu, minimal selalu kamu asah agar memang kualitas pekerjaan kamu bisa diperhitungkan.

 

Jangan Malu Karena Belajar

Masih berkaitan dengan cara keempat sebelumnya, kamu tidak bisa lagi malu ketika kamu sedang belajar kemampuan baru nih. Kamu bisa tanya ke mereka yang benar-benar ahli di pekerjaan tersebut. Tidak perlu malu karena ini untuk kebaikan kamu juga!

 

 

Wah bagaimana nih? Dari lima hal yang perlu kamu perhatikan dan terapkan – apakah masih ada yang membuat kamu bingung? Kalau tidak, jangan lupa kamu terapkan agar kamu selalu mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keinginan ya!

 

Feature Image – medium.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!