5 Tips Dekorasi Rumah Selama Di Rumah Saja yang Bisa Kamu Coba!

5 Tips Dekorasi Rumah Selama Di Rumah Saja yang Bisa Kamu Coba!

TAGS : rumah dekor
font size A Ǎ

Selama masa karantina mandiri alias di rumah saja saat pandemi Covid-19, tak hanya kulit dan wajah saja yang perlu dipercantik, tapi rumah kamu juga lho. Salah satu cara untuk mempercantik rumah yaitu dengan mendekor ulang. Kegiatan ini bertujuan agar suasana rumah terasa baru dan menyenangkan, serta kamu jadi makin betah berlama- lama di dalamnya.

 

5 Tips Dekorasi Rumah Selama Di Rumah Saja yang Bisa Kamu Coba!

Credit: nimvo.com

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk melakukan dekor rumah, coba deh perhatikan dahulu 5 tips berikut ini. Siapa tahu bisa memudahkanmu ketika mempercantik rumah! Simak ulasannya ya.

Dimulai Dari Kamar

Kamar merupakan tempat yang paling personal dibanding ruangan lainnya, oleh karena itu penting sekali menjaga kebersihan dan kerapihan kamar secara rutin. Usahakan untuk mengganti sprei seminggu sekali, serta sapu dan pel kamar setiap hari ya.

Kamu bisa meletakkan laundry bag untuk menaruh pakaian kotor agar tidak berantakan. Menggunakan meja kecil untuk menaruh barang- barang penting seperti laptop, buku- buku, dan lainnya. Selain itu, kalau memungkinkan, coba untuk rutin mengeluarkan barang- barang yang sudah tak terpakai setidaknya seminggu sekali, agar isi kamar tidak terlalu berantakan.

Percantik kamarmu dengan vas bunga, tanaman indoor, lilin aromaterapi, lukisan, jam dinding lucu, lampu meja, atau dengan foto- foto orang tersayang.

Untuk kamu yang sudah memiliki anak, agar rumah terlihat lebih rapih dan clean, kamu dapat menyiapkan storage berwarna netral untuk menyimpan mainan anak- anak.

Dapur

Jika kamu jadi lebih sering berkunjung ke dapur selama masa karantina mandiri ini, kamu boleh lho bikin dapur jadi lebih cantik. Kamu dapat menyimpan bumbu- bumbu pada rak kecil atau di dalam laci, agar terlihat lebih rapi.

Selain itu, selalu bersihkan kompor setelah digunakan ya. sesuaikan barang- barang elektronik dengan ukuran atau kapasitas dapur kamu. Kalau memang tak terlalu besar, kamu nggak perlu kok memiliki semua peralatan. Cukup kulkas, blender, dan magic com untuk menanak nasi saja.  Namun, kalau kamu punya dapur yang cukup luas dan hobi memasak, kamu bisa lho menambah peralatan seperti toaster, microwave, dispenser, oven, dan alat- alat masak lainnya.

Agar dapur semakin cantik, tambahkan benda- benda kecil seperti bunga kering, indoor plants, mug dengan desain unik, toples kue yang bagus, atau ambalan untuk meletakkan koleksi piring.

Sesuaikan Budget

Harga perabotan rumah sangat beragam, mulai dari yang murah hingga mahal. Sebelum membeli, sebaiknya list terlebih dahulu barang- barang yang kamu inginkan dan bikin perbandingan harga di antara toko- toko home and living yang ada.

Untuk pernak- pernik, kamu bisa menemukannya di berbagai marketplace, atau bahkan kamu bisa mencarinya by hashtag di Instagram. Namun, yang paling penting adalah beli yang sesuai dengan budget, kebutuhan, dan gaya yang kamu sukai. Jangan sampai kamu membeli barang secara berlebihan dan akhirnya malah merusak tabunganmu ya.

5 Tips Dekorasi Rumah Selama Di Rumah Saja yang Bisa Kamu Coba!

Credit: thespruce.com

Tentukan Tone Warna

Sesuaikan ruangan dan benda- benda di dalam rumah dengan tone yang kamu sukai. Mulai dari warna dinding, sofa, meja, lemari, hingga pernak-pernik seperti jam dinding.

Kamu bisa memilih gaya dekor rumah dengan suasana putih minimalis yang bikin ruangan terlihat lebih luas dan terang, atau dengan pop of colour biar dekorasi rumah semakin catcy dan tak terlihat membosankan.

Selain itu, kamu dapat memilih dekorasi rumah dengan tema- tema tertentu seperti Scandinavian, Shabby Chic, Mediteranian, Rustic, Industrial, Retro, Beach House atau Summer Vibe, dan Eclectic. Tema- tema ini bisa memudahkanmu dalam memilih furniture rumah yang akan dibeli.

Pilih Produk Timeless

Hindari memilih furniture seperti sofa, lemari, tempat tidur, meja, dan kursi karena tampilannya saja, tapi perhatikan pula gaya, kualitas, serta brand sebagai bahan pertimbanganmu sebelum membeli. Coba pikirkan, ‘apakah akan bosan setahun kemudian?’ atau ‘apakah warnanya mudah di mix and match dengan benda lainnya?’.

Agar lebih efisien, kamu bisa membeli produk multifungsi, seperti coffee table yang sekaligus dapat menjadi tempat penyimpanan, atau rak sepatu yang bagian atasnya bisa jadi tempat pajangan.

Kalau benda- benda seperti ini dirasa dapat bertahan lebih dari lima tahun, kamu jadi bisa lebih hemat dan nggak perlu memikirkan khawatir dengan kondisi “mendadak ganti” karena barang tersebut rusak.

Nah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya tips- tips yang bisa kamu terapkan ketika mendekorasi rumah. Kegiatan ini bisa kamu lakukan perlahan- lahan kok, nggak perlu sekaligus dilakukan dan nggak semua barang perlu kamu beli juga! Yang penting take your time dan enjoy ya dalam mendekorasi rumah. Selamat mencoba!

 

Featured Image - mydomaine.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!