Jaga Imun Tubuh Usai Lebaran Dengan Tips Sehat Berikut Ini!

Jaga Imun Tubuh Usai Lebaran Dengan Tips Sehat Berikut Ini!

font size A Ǎ

Meskipun lebaran di rumah saja, tentu di rumah kamu tetap mengonsumsi berbagai makanan santan, olahan daging, hingga camilan kue kering. Selain itu, berkumpul- kumpul dengan sanak saudara secara virtual juga pasti rutin dilakukan. Tak jarang kegiatan ini dapat membuat sistem imunitas tubuh menurun, hingga membuatmu mudah terserang penyakit.

 

Jaga Imun Tubuh Usai Lebaran Dengan Tips Sehat Berikut Ini!

Credit: blog.playo.co

Di masa pandemi seperti sekarang ini, penting lho untuk menjaga sistem imun, agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi prima. Nah, agar kamu kembali fit setelah lebaran dan siap kembali beraktivitas dari rumah, berikut ini tips yang dapat kamu terapkan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Seperti yang sudah diketahui, makanan merupakan sumber energi dan nutrisi untuk tubuh. Tak hanya dapat menjaga organ tubuh bekerja dengan baik, tetapi nutrisi dari makanan seperti vitamin C, vitamin B kompleks, dan zat besi secara ampuh dapat mendukung sistem kekebalan tubuh kamu.

Untuk itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, daging merah, telur, ikan, brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Agar sistem imun tubuh tetap terjaga, selalu cukupi kebutuhan cairan tubuhmu setiap hari. Tak hanya dapat menghilangkan rasa haus, tapi air juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan tubuh serta menjadi komponen utama dalam pembentukan plasma darah.

Air juga berperan untuk mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan sisa- sisa zat yang tidak diperlukan tubuh. Jika kamu kekurangan cairan, organ tubuh tak dapat berfungsi secara efektif, termasuk sistem imun kamu. Jadi, mencukupi kebutuhan cairan tubuh terutama selama pandemi penting untuk mencegah sakit.

Tapi, kebutuhan air setiap orang berbeda- beda ya, tergantung dengan usia atau aktivitas yang dilakukan. Kisaran air yang harus dipenuhi anak- anak dan orang dewasa setiap hari adalah 1200 ml hingga 2000 ml atau setara dengan 8 gelas.

Tidur yang Cukup

Hal yang tak boleh terlewat adalah istirahat atau tidur yang cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh untuk beristirahat. Jika kamu kurang tidur, maka organ tubuh akan kelelahan, dan akibatnya sistem imun tubuh akan melemah.

Biasanya, saat bulan puasa jam tidur jadi berantakan, ini karena kamu harus bangun saat sahur. Agar tidak keterusan, cobalah untuk mengatur kembali jam tidur dan bangunmu. Serta hindari aktivitas yang dapat mengganggu tidur seperti terlalu lama menggunakan gadget atau makan di jam yang terlalu dekat dengan waktu tidur.

Jaga Imun Tubuh Usai Lebaran Dengan Tips Sehat Berikut Ini!

Credit: runnersworld.com

Olahraga

Saat puasa dan libur lebaran, kamu mungkin libur berolahraga dan seringkali merasa malas untuk mulai kembali. Cobalah untuk bangkitkan kembali semangatmu. Karena, olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan tubuh, lho. Lakukan olahraga ringan selama 30-60 menit, sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

Olahraga dapat merangsang produksi hormon dopamin, yang bertugas untuk memperbaiki suasana hati sehingga kamu merasa lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel- sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Konsumsi Multivitamin

Mengonsumsi makanan bergizi saja kadang tak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh. Untuk itu, kamu dapat mengonsumsi multivitamin secara rutin.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu serta membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi tahan lama.

Nah, untuk kamu yang punya aktivitas padat, bisa lho minum Enervon Active yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, dan Zinc. Tak hanya dapat menjaga daya tahan tubuh, tapi Enervon Active dapat membuatmu jadi tetap berenergi dan tidak mudah lelah saat beraktivitas!

Featured Image - thenpclinic.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!